Pekanbaru

Data dan Riwayat 4 Pasien Positif Covid-19 yang Baru Terkonfirmasi di Riau

Gubri Syamsuar saat menyampaikan update data pasien positif Covid-19 di Gedung Daerah, Gubernuran Riau (dok. Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Pasien positif virus corona (covid-19) di Provinsi Riau dikonfirmasi bertambah 4 orang. Dengan tambahan itu, maka total pasien positif Corona di Riau menjadi 20 orang.

Dari 4 orang tambahan pasien positif, salah satunya adalah pasien PDP yang meninggal dunia beberapa hari lalu dan hasil uji swabnya baru keluar hari ini, yakni pasien 16 berinisial MEH (51) yang merupakan warga Pekanbaru.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, kami menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Selanjutnya akan dilakukan tracing dari pasien tersebut dan rapid test bagi keluarga dan kontak erat dari almarhum,” ujar Gubri, saat menyampaikan update data pasien positif di Gedung Daerah, Gubernuran Riau, Senin (14/4/2020).

“Untuk keluarga yang langsung kontak dengan pasien, sudah dilakukan swap dan hasilnya negatif. Namun tetap dilakukan uji swap dan akan dipantau oleh puskesmas selama berstatus ODP, bila terjadi gejala bisa memisahkan diri dengan cara karantina,” ujar Gubri.

Untuk pasien positif 17, inisial AS warga Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah dilakukan isolasi di RS Pelalawan. Riwayat perjalanan dari Semarang 15 Maret. Pasien ini ada hubungan erat dengan pasien RBT dan JG, dan merupakan hasil tracing. Untuk kasus pasien AS merupakan tenaga kesehatan di Pelalawan tempat RJT dan BT berobat sebelum dibawa ke Pekanbaru.

Kemudian Pasien 18, IE (16), yang juga merupakan warga Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan dan sudah diisolasi di Kota Pekanbaru. IE ada kontak erat dengan pasien RBT dan JG, yang didapat dari hasil tracing.

“Jadi pasien RBT dan JG ini mengaku tidak ada bepergian ke daerah terjangkit. Oleh karenanya pasien dibawa seperti biasa oleh tenaga medis IE. Seharusnya pasien berlaku jujur, kooperatif, memberikan keterangan sebenarnya. Ketika kdiminta keterangan medis sangat dibutuhkan. Karena ketidak jujuran berakibat fatal. Dan kejadian ini wajib menjadi pelajaran,” tegas Gubri.

Selanjutnya pasien ke 20, BB (71), yang merupakan warga Tampan, Pekanbaru, dan diisolasi di Pekanbaru. BB memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, Jakarta pada 27 Marat 2020.

“Dengan terdapatnya penambahan 4 kasus positif, sehingga total kasus 20 kasus positif. 16 pasien dirawat di rumah sakit, 2 sehat dan 2 meninggal dunia. 123 orang PDP dan 102 orang sudah dipulangkan. Selanjutnya 18 orang meninggal dunia dengan status PDP dan 2 PDP (terkonfirmasi positif) meninggal dunia,” ungkap Gubri.


Reporter: Nurmadi


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar