Riau

LAM Riau Desak Sejumlah Kabupaten-Kota Terapkan PSBB

Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR, Datuk Seri Al Azhar.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) mendesak sejumah kabupaten-kota di Riau untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai cara untuk mempercepat penanganan Covid-19. Daerah tersebut adalah Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis, dan Dumai. 

“Hal tersebut tertuang di dalam surat yang kami kirimkan hari ini,” kata Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR, Datuk Seri Al Azhar, dalam keterangan persnya, Sabtu (25/4/2020). 

Surat itu sendiri bertanggal 23 April 2020 ditandatangi Datuk Seri Al Azhar dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar. 

Desakan itu sejalan dengan warkah maklumat LAMR dua pekan lalu tentang penanganan Covid-19 dan arahan Gubernur Riau awal pekan ini. Pasalnya, semakin hari, kondisi pewabahan Covid-19 di Riau, semakin mencemaskan. 

Beberapa hari lalu, bahkan pemerintah pusat kembali menetapkan bahwa empat kabupaten-kota di Riau sebagai daerah transmisi penyebaran Covid-19 yakni Kampar, Pelalawan, Siak, dan Dumai. Secara nasional pula, Riau berada pada tingkat kesembilan penyebaran virus tersebut.

Sejak sepekan terakhir, Kota Pekanbaru telah berupaya melaksanakan PSBB. “Hendaknya, langkah ini diikuti oleh kabupaten lain, apalagi yang berhubungan langsung dengan kota ini seperti Siak, Pelalawan, dan Kampar,” kata Al Azhar. 

Datuk Seri Al Azhar mengatakan, harus diutamakan kesehatan masyarakat, khususnya penanganan Covid-19, daripada pembangunan bidang lain. Terlebih lagi, penanganan Covid-19 harus dilakukan secara kompak antardaerah, karena antara satu dengan lainnya saling berkaitan erat. 

Hal itu beriringan dengan kebijakan nasional yang merelokasikan anggaran untuk kepentingan penanganan Covid-19 tersebut. Riau yang merupakan bagian dari kesatuan nasional dengan kabupaten dan kotanya, juga harus bersikap demikian.


Tags LAM Riau

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar