Ekonomi

PHRI Riau: Kebijakan Pemerintah Jangan Korbankan Usaha Masyarakat

Ketua PHRI Riau, Nofrizal

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Riau sekaligus Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Nofrizal meminta pemerintah sigap mengambil kebijakan tentang perekonomian terkait pandemi Covid-19 yang berimbas ke segala sektor. Sebab menurutnya, pemasukan pajak berasal dari usaha-usaha.

"Pemerintah harus bisa mengambil sikap. Kalau semua sektor lumpuh dan dibiarkan, saya rasa bukan hal yang baik. Karena pajak itu berasal dari usaha-usaha. Nah, kalau semua sektor lumpuh, membiayai negara ini pakai apa?" ungkapnya kepada Riaumandiri.id, Sabtu (25/4/2020). 

Selain itu, Nofrizal juga meminta agar kebijakan dan solusi pemerintah tidak mengorbankan usaha masyarakat. Apalagi usaha pariwisata, menurutnya memberi pajak dan multiplier effect yang sangat besar bagi negara. 

"Jangan karena corona terus kita korbankan kehidupan masyarakat banyak. Makanya carilah solusi dengan tidak menutup usaha masyarakat. Kalau menutup usaha, sama saja menutup aktivitas masyarakat. Apalagi sektor usaha pariwisata. Pajaknya besar. Multiplier effect-nya juga besar. Orang bergantung sama dunia pariwisata tu besar," ungkapnya. 

"Belum lagi transportasi, UMKM, buruh, perdagangan, penerbangan, perbankan. Jadi kalau semuanya lumpuh, enggak ada lagi pendapatan negara. Mau bayar PNS pakai apa?" tutupnya. 


Reporter: M. Ihsan Yurin 


 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar