Riau

Enam PDP Covid-19 di Rohil Masih Dirawat

Ilustrasi

RIAUMANDIRI.ID, ROKAN HILIR - Pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), hingga Selasa (28/4/2020) masih berjumlah 6 orang. Para pasien masih dirawat di RSUD Dr RM Pratomo Bagansiapiapi. 

Sedangkan untuk 1 PDP yang telah meningal dunia hasil swabnya belum keluar hingga hari ini.

Sekretaris Dinas Kesehatan Rohil, Ahmad Yusuf selaku Juru Bicara Tanggap Covid-19 Gugus Tugas Rohil mengatakan pihaknya belum bisa memastikan apakah 1 DPD yang meningal itu positif Covid-19 atau tidak. 

"Besar harapan kami hasilnya nanti negatif," kata Ahmad Yusuf kepada wartawan. 

Dia menjelaskan, uji swab sekarang sudah bisa dilakukan di laboratorium kesehatan Rumah Sakit Arifin Achmad, Pekanbaru. 

"Namun, karena yang menunggu hasil swab ini tidak hanya Rohil, hasilnya baru bisa diterima lima hari setelah diajukan," terangnya. 

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 jumlahnya kini sebanyak 2.270 orang, yang habis masa pemantauan sebanyak 3.558 orang. Jumlah keseluruhan ODP Rohil hingga dengan hari ini sebanyak 5.828 orang.

Sementara itu, berdasarkan hasil screening RDT Covid-19 di Unit Pelayanan Kesehatan secara kumulatif dari tanggal 3 hingga 28 April 2020, dari 20 puskesmas dan 2 rumah sakit tercatat sebanyak 617 orang. Dari jumlah itu sebanyak 615 orang dinyatakan negatif dan 2 orang positif. 

Secara akumulatif, jumlah OPD Rohil setiap harinya mengalami peningkatan. Namun, peningkatan ini tidak signifikan. 

"Meningkatnya jumlah ODP di Rohil ini salah satu penyebabnya adalah adanya warga Rohil yang semenjak awal Ramadan lalu pulang. Siapa saja yang pulang balik dari zona merah maupun tidak tetap harus dipantau dan masuk dalam daftar ODP," kata Ahmad.

 

Reporter: Jhoni Saputra


 


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar