Riau

Kecamatan Tapung Gesa Program 3i, Ini Penjelasannya

Camat Tapung Amri Yudo.

RIAUMANDIRI.ID, TAPUNG - Pemerintah Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, terus menggesa program pembangunan 3i (Infrastruktur, Investasi dan Industri) di wilayah Kecamatan Tapung. Program ini sejalan dengan program pembangunan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kampar.

Demikian disampaikan Camat Tapung Drs H Amri Yudo, MSi  kepada wartawan, Rabu (29/4/2020).

“Kita (Kecamatan Tapung) menggesa program pembangunan 3 I,” ujar Amri Yudo.

Dijelaskan Amri Yudo, untuk infrastruktur ada beberapa sarana jembatan yang mendesak untuk dibangun. Di antaranya jembatan Desa Pantai Cermin, jembatan Desa Batu Gajah, dan jembatan Desa Karya Indah. 

“Kita sudah turun ke lapangan dan berdiskusi dengan pemerintah desa terkait kebutuhan masyarakat terhadap keberadaan jembatan tersebut,” ujarnya.

Untuk jembatan Desa Pantai Cermin sudah di tinjau oleh anggota DPR-RI H. Syahrul Aidi Maazat, Lc, MA. “Pemerintah Desa sudah sampaikan aspirasi kepada anggota DPR-RI, harapan kita jembatan ini bisa segera dibangun,” harapnya.

Kemudian untuk jembatan Batu Gajah ini sudah lama didambakan oleh masyarakat Batu Gajah dan sudah dimasukkan dalam usulan prioritas kecamatan pada Musrenbang Kecamatan beberapa waktu lalu. Jembatan ini sangat strategis karena akan menghubungkan Desa Batu Gajah dengan Desa Kusau Makmur, Kecamatan Tapung Hulu.

Selama ini jalan menuju Desa Batu Gajah adalah jalan tanah sepanjang lebih kurang 23 km dari ibukota Kecamatan dan harus melewati lokasi perusahaan PT PSPI. Bila jembatan Batu Gajah dibangun maka akses jalan baru ke Kusau Makmur terbuka dan memungkinkan untuk dilakukan peningkatan jalan.

Selanjutnya jembatan yang juga prioritas adalah jembatan Sungai Linau yang menghubungkan Desa Karya Indah dengan Desa Sei Putih. Selama ini di sini dibangun jembatan kayu, hanya saja tidak bisa difungsikan lagi. Untuk itu dibutuhkan jembatan besi yang bisa dilewati kendaraan jenis truk.

Untuk investasi dan industri dijelaskan Amri Yudo saat ini ada beberapa investor yang ingin berinvestasi di wilayah Tapung, di antaranya, pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) di Desa Pantai Cermin, kemudian industri pengolahan Maggot di Desa Sei Putih, industri ayam petelur di Desa Sari Galuh dan beberapa industri lainnya. 

“Pemerintah Kecamatan Tapung bersama Pemerintah Desa, berusaha mensukseskan program 3i Kabupaten Kampar dan berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan investor untuk sama-sama membangun Kecamatan Tapung,” ujar Camat.

Sekretaris Desa Batu Gajah Kaspul Asnur menyampaikan, masyarakat Desa Batu Gajah sangat mengharapkan dibangunnya jembatan Batu Gajah. Jembatan itu sangat strategis untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Batu Gajah.

Jembatan tersebut menghubungkan Desa Batu Gajah dengan Dusun III Desa Batu Gajah yang berada di seberang sungai dan seterusnya menghubungkan Batu Gajah dengan Desa Kusau Makmur Kecamatan Tapung Hulu. 

“Kalau jembatan ini dibangun akan memudahkan akses warga ke Jalan Raya,” ujar Kaspul.

Desa Batu Gajah resmi berdiri tahun 2007 dan baru dua tahun terakhir dialiri listrik. 

“Selama ini selain Jembatan, yang paling diharapkan adalah listrik. Alhamdulillah dua tahun terakhir  listrik sudah masuk, tinggal lagi pembangunan jembatan,” harap Kaspul.

Sementara itu Pj Kades Karya Indah  Rudi Anrico, SH menyampaikan, jembatan Sungai Linau merupakan jembatan penghubung salah satu jalan produksi Desa Karya Indah dan Desa Sei Putih. Jika jembatan ini dibangun maka jarak tempuh masyarakat Karya Indah-Sei Putih hanya 3 km. Kalau jalan ini tidak dibangun maka pengguna jalan harus menempuh jalan melingkar yang mencapai 8-10 km. 

“Jembatan ini urat nadi perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu kami berharap pemerintah daerah bisa membangun jembatan ini,” harap kades.

Camat Tapung  Amri Yudo menambahkan, pembangunan jembatan, dan pembangunan sektor industri yang disampaikannya itu baru sebagian karena masih ada yang lain yang juga prioritas. 

“Kita menyampaikan ini bukan berarti yang lain tidak prioritas, namun sampai saat ini hasil diskusi kita dengan pemerintah desa,  pembangunan jembatan yang kita sampaikan tadi sangat prioritas,” ujar Camat. 


Reporter: Herman Jhoni


Tags Kampar

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar