Riau

Pemkab Rohil Diminta Adil dan Serius Dalam Membagikan Bansos Covid-19

Pemuda Rohil, Jhosua Saragih

RIAUMANDIRI.ID, ROHIL - Pemuda Kecamatan Balai Jaya Desa Pasir Putih Utara meminta Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir membagikan bantuan sosial (Bansos) dan BLT Dana Desa Covid-19 secara adil dan merata bagi keluarga kurang mampu.

Salah satu pemuda Rohil, asal Kecamatan Balai Jaya, Desa Pasir Putih Utara, Jhosua Saragih mengatakan permasalahan ini jagan dianggap sepele.

"Kami pemuda asal Pasir Putih Utara Kecamatan Balai Jaya meminta Pemkab Rohil serius dalam menangani permasalhan ini karena menyangkut keberlangsungan hidup masyarakat kurang mampu," ujar Jhosua dalam rilisnya, Kamis (30/4/2020). 

Di sisi  lain dia menilai Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir telah melakukan tindakan nyata dalam menangani dampak pandemi Covid-19 ini dengan membagikan bantuan sosial berupa paket sembako ke masyarakat yang terdampak.

Tetapi, kata Joshua, jangan sampai paket sembako yang dibagikan oleh Pemkab Rohil itu menjadi pemicu konflik baru di tengah masyarakat karena tidak dilakukan dengan prinsip yang adil dan merata. 

"Sampai hari ini negara kita masih dilanda wabah pandemi Covid-19, tugas moral dari seorang pemimpin seharusnya adalah memikirkan langkah-langkah konkret apa yang harus dilakukan untuk menangani permasalahan rakyatnya yang terkena dampak wabah pandemi ini, bukan malah melakukan penghematan-penghematan anggaran," bebernya.

Dia juga meminta Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir agar mempercepat pemberian BLT-Dana desa serta melakukan pengawasan yang serius dalam BLT-Dana desa yang dilakukan oleh desa-desa yang masuk ke dalam lingkup pengawasan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sesuai dengan Surat Menteri Desa PDTT RI Nomor: 1261/PRI.00/IV/2020 pada tanggal 14 April 2020.

"Kita meminta petugas desa lapangan yang bertugas mendata penerima Bansos dan BLT-Dana Desa agar melakukan pendataan ulang secara merata dengan mengedepankan prinsip transparan dan adil, bukan prinsip asal cepat, orang terdekat, dan utamakan keluarga, sehingga bantuan-bantuan yang akan diberikan oleh otoritas setempat dapat tepat sasaran. Mengingat banyaknya masyarakat prasejahtera di Kecamatan Balai Jaya, Rokan Hilir yang terkena dampak dari wabah pandemi ini rata-rata belum memperoleh bantuan Bansos maupun BLT-Dana Desa Covid-19," kata Joshua yang juga aktivis GMNI.

Dia juga mengajak semua elemen masyarakat berdoa bersama agar wabah pandemi ini dapat berakhir secepat mungkin sehingga dapat kembali melaksanakan aktivitas seperti biasa.


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar