Parlemen

May Day, Puan Minta Perusahaan Tak PHK Buruh di Tengah Pandemi Corona

Puan Maharani (dok. Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemilik perusahaan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap para buruh atau karyawan selama masa pandemi Covid-19.

Meski dampak sosial dan ekonomi tidak terhindarkan, namun Puan meminta semua pihak bergotong royong menangani masa-masa sulit menghadapi pandemi.

Hal tersebut disampaikan Puan dalam keterangannya. Ia sekaligus mengucapkan selamat hari buruh untuk seluruh pekerja pada peringatan May Day hari ini.

"Karena itu saya berharap para pemilik usaha tidak mem-PHK para buruh yang bekerja di perusahaan-perusahan. Pihak pemilik usaha dan para pekerjanya dapat bermusyawarah untuk menyelamatkan nasib perusahaan dan karyawannya sambil menunggu situasi perekonomian normal kembali," tutur Puan, Jumat (1/5/2020).

Puan juga meminta kepada pemerintah agar lebih memperhatikan kembali kaum pekerja yang secara langsung terdampak akibat Covid-19. Pemerintah harus menjamin bahwa buruh mendapatkam bantuan selama mengatasi kondisi di kala pandemi.

"Pemerintah juga harus memastikan para buruh yang terdampak pandemi covid-19 mendapatkan bantuan sosial," ujar Puan.

Selain itu, pemerintah diminta untuk terus memberikan informasi bagaimana langkah-langkah selanjutnya setelah perusahaan-perusahaan diwajibkan menghentikan aktivitas normalnya akibat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Informasi dari pemerintah tentang tahapan-tahapan menuju aktivitas normal orang bekerja dan berusaha sangat penting untuk menyusun langkah-langkah bagi kepastian berusaha yang terkait dengan nasib para buruh," tandas Puan.


Tags DPR RI

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar