Dunia

Bukan Mendiang Dr. Li Wenliang, Dokter Ini Disebut Pelapor Pertama Kasus Covid-19

Ilustrasi - Dokter yang tangani pasien Covid-19 (dok. Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, BEIJING – Seorang dokter bernama Zheng Jian disebut-sebut sebagai orang pertama yang melaporkan adanya kasus virus Corona (Covid-19) ke pemerintah China, sebelum pandemi Covid-19 akhirnya merebak di kota Wuhan.

Dokter 54 tahun itu mengirim laporan terkait kemunculan varian baru virus Corona pada 27 Desember 2019 atau tiga hari lebih cepat dari mendiang Dr. Li Wenliang.

Wenliang melaporkan adanya pasien yang terinfeksi dengan nama ilmiah SARS-CoV-2 itu pada 30 Desember, kendati laporannya justru dianggap sebagai berita hoax.

Li Wenliang pada akhirnya turut menjadi korban virus Corona dan meninggal dunia akibat infeksi Covid-19 pada 7 Februari 2020.

Dalam wanwancara dengan Outlook Weekly, Zhang Jian mengaku telah menemukan virus SARS-CoV-2 satu bulan sebelum Wuhan menjadi episentrum wabah.

Saat itu, sebuah keluarga berisikan seorang putra dan kedua orang tuanya datang ke rumah sakit dengan keluhan 'pneumonia misterius'.

"Keluarga itu memiliki gejala penyakit yang hampir sama, (karena itu saya) yakin ada penularan dari manusia ke manusia," kata Zhang dilansir Daily Mail, Jumat (1/5/2020).

"Saya cukup yakin saat itu bahwa ini adalah pneumonia yang diakibatkan virus. Tapi saat itu saya tidak tahu virus apa itu sebenarnya," tambahnya.

Kendati disebut sebagai orang pertama yang melaporkan adanya virus Corona baru, banyak pihak yang meyakini pemerintah China sudah lebih dulu menemukan patogen misterius tersebut.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar