Riau

Begini Cara Pengambilan Bantuan Sosial Tunai Covid-19 Dinsos Bengkalis

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Martini.

RIAUMANDIRI.ID, BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada 34.277 kepala keluarga (KK) miskin, khusus kelurahan terdampak virus corona atau Covid-19, Kamis (30/4/2020).

Dari angka total itu, sekitar 16 ribu lebih KK dipastikan sudah dapat merasakan BST melalui Dinas Sosial (Dinsos) Bengkalis, sedangkan selebihnya masih menunggu data masuk dari sejumlah kriteria penerima yang ditentukan. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Hj Martini mengatakan, terkait dengan prosedur penyaluran ditemukan masih banyak penerima manfaat BST yang belum mengetahui. 

Sehingga menurut Martini, masih ditemukan warga yang datang langsung ke Dinas Sosial untuk mengambil pencairan bantuan itu. Padahal pencairan dana, langsung ke bank yang sudah ditentukan. 

Martini menambah, setidaknya ada tiga prosedur penyaluran bantuan sosial tunai atau BST terdampak Covid-19. Diantaranya; perangkat kelurahan (RT/RW) menginformasikan kepada penerima bansos tunai untuk pengambilan dana sesuai jadwal yang ditentukan oleh pihak kelurahan.

Penerima bansos tunai menemui petugas kelurahan dengan membawa KK dan KTP asli untuk penyesuaian data nomor KK/NIK/nama/alamat sesuai dengan daftar calon penerima yang sudah terverifikasi ke bank/atau sukses terupload ke sistem bank Riaukepri.

Setelah dipastikan nomor KK/NIK/nama/alamat sesuai dengan daftar penerima bansos tunai, masyarakat/penerima bisa langsung menuju ke kantor Bank Riaukepri yang ditunjuk untuk penyaluran.

"Harapan kami mudah-mudahan ini berjalan lancar dan bermanfaat menghadapi situasi covid ini. Bagi masyarakat yang merasa belum terdata dan masuk kriteria, silakan ke Dinas Sosial," ujar Martini.


Reporter: Usman


Tags Bengkalis

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar