Film dan Selebritis

Kisah George Rudy Mualaf Karena Lihat Orang Berwudhu hingga Diislamkan oleh Buya Hamka

Aktor senior George Rudy

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Aktor laga senior George Rudy Beberapa waktu lalu, melalui unggahan video di channel Youtube nya, menceritakan awal mula dirinya memutuskan untuk memeluk agama Islam. Bahkan dirinya juga diberi nama 'Abdul Hadi' oleh ulama Indonesia termashur, Buya Hamka.

Melalui unggahan di channel Youtube 'George Rudy Official', pria 64 tahun itu menceritakan kisah saat dirinya memutuskan untuk menjadi seorang mualaf. George mengatakan bahwa hal tersebut berawal dari sebuah adegan dalam film.

"Saya mulai pada saat tahun 1977, pada saat itu saya syuting Balada Dua Jagoan, yang disutradarai oleh Almarhum Fritz G. Schandt. Di mana dalam satu adegan saya harus melaksanakan salat," ujar George Rudy.

"Saya bilang sama bang Fritz waktu itu, bang saya non-Muslim. Enggak pa pa ini hanya menunjukkan tokoh ini adalah seorang muslim," lanjutnya.

Saat tengah melakukan adegan film tersebut, George Rudy ternyata telah merasakan suatu naluri. Dirinya merasa mendapat hidayah dari Allah SWT.

"Ya, udah saya jalanin, hanya saat atahiyat terakhir saya ucapkan assalamualaikum ke kanan assalamualaikum ke kiri. Dan kebetulan yang menjadi bapak saya adalah Rd Mochtar," kata George Rudy.

"Mungkin secara pribadi saya berpikir merasakan suatu naluri bahwa mungkin ini jalan hidup saya mendapat hidayah dari Allah," imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa dirinya tertarik belajar agama Islam karena melihat orang berwudhu.

"Pada saat tahun 80, saya mulai tertarik untuk mempelajari Islam dan kenapa saya tertarik untuk mempelajari Islam. Saya melihat orang wudhu," ujar George Rudy.

"Di sana saya melihat orang wudhu dan saya tanya, oh jadi untuk menghadap kepada Sang Pencipta kita bersih secara jasmani. Saya mulai pelajari pelan-pelan dari terjemahan Al Quran," lanjutnya.

Diislamkan oleh Buya Hamka

Setelah tertarik mempelajari agama Islam, ia lantas bertemu dengan Almarhum Buya Hamka kala itu. Setelah mantap untuk masuk Islam, George Rudy mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai tanda dirinya masuk agama Islam.

"Dan Alhamdulillah pada tahun 81, bulan Maret kalau enggak salah. Saya diislamkan dan saya pribadi memang sudah merasakan akan masuk Islam," terang George Rudy.

"Dan Alhamdulillah yang mengislamkan saya adalah tokoh yang sangat saya hormati. Buya Hamka. Saya ngobrol terus dia bilang benar-benar, saya bilang iya. Pada saat itulah saya mengucapkan dua kalimat syahadat," imbuhnya.

George Rudy pun menceritakan rasa bangga dan bahagianya ketika dirinya dipeluk dan dicium oleh Buya Hamka.

"Dan pada saat itu juga saya merasakan suatu kebanggaan yang tidak akan terlupakan selama hidup, saya dicium oleh beliau (Buya Hamka). Itu kebanggaan buat saya. Saya dipeluk dicium," kata George Rudy.

Setelah masuk agama Islam, George Rudy diberikan nama oleh Buya Hamka. Ia diberi nama 'Abdul Hadi' yang artinya 'Yang Diberi Petunjuk'.

"Jadi pada saat itu saya setelah diislamkan oleh Buya Hamka Almarhum, saya diberi nama sebagai seorang muslim, saya diberi nama Abdul Hadi. Dia katakan artinya Yang Diberi Petunjuk," ungkap George Rudy.

"Alhamdulillah sampai sekarang tetap nama saya George Rudy Al Abdul Hadi," pungkasnya.


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar