Dunia

Sempat Dikabarkan Meninggal, Kim Jong Un Akhirnya Muncul di Depan Publik 

Kim Jong Un melakukan pemotongan pita dalam pembukaan sebuah pabrik pupuk di Sunchon, dekat ibu kota Pyongyang, Jumat (1/5/2020) waktu setempat. (Net).

RIAUMANDIRI.ID - Setelah sempat dikabarkan sakit keras dan bahkan meninggal dunia, Kim Jong Un muncul di depan publik. Informasi kemunculan pemimpin Korea Utara (Korut) itu disampaikan media pemerintah setempat melalui rilis foto-foto Kim. Ini merupakan kemunculan publik pertama Kim dalam waktu hampir tiga pekan.

KCNA, kantor berita resmi Korut, melaporkan, bahwa Kim melakukan pemotongan pita dalam pembukaan sebuah pabrik pupuk di Sunchon, dekat ibu kota Pyongyang. Event tersebut dihadiri Kim pada Jumat (1/5) waktu setempat.

Dalam event tersebut, "semua peserta bersorak-sorai 'hore!' ketika Kim muncul," demikian dilaporkan KCNA seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (2/5/2020).

Dilaporkan KCNA, Kim menginspeksi pabrik tersebut dan dijelaskan mengenai proses produksi.

"Kim mengatakan dengan emosi mendalam bahwa kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il akan sangat senang jika mereka mendengar berita bahwa pabrik pupuk fosfat modern telah dibangun," demikian dilaporkan KCNA.

Selain Kim, pejabat-pejabat senior lainnya juga hadir, termasuk adik perempuan yang menjadi penasihat dekatnya, Kim Yo Jong.

Spekulasi mengenai kondisi kesehatan Kim beredar luas sejak ketidakhadirannya dalam peringatan hari ulang tahun kakeknya, pendiri Korut -- hari paling penting dalam kalender politik negeri komunis itu -- pada 15 April lalu.

Kim terakhir terlihat pada 11 April lalu dalam sebuah pertemuan Politbiro Partai Buruh. Setelah itu, dia menghilang.

Laporan media menyebut Kim dalam kondisi bahaya usai menjalani operasi jantung. Ada lagi yang bahkan mengabarkan Kim meninggal dunia usai operasi.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar