Nasional

Anggaran Atasi Covid-19 dan Bantuan Untuk Masyarakat Disiapkan

RIAUMANDIRI.ID, ROKAN HILIR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) memastikan telah menyiapkan sejumlah dana untuk
menanggulangi Covid-19 dan membantu masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19.

Sejumlah dana yang disiapkan bersumber dari pemangkasan anggaran dari beberapa kegiatan Pemerintah, terutama dari belanja aparatur dan kegiatan Bimtek, sosialisasi yang sifatnya menghimpun orang banyak pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Berdasarkan keterangan Plt Kadis Kominfotiks Kabupaten Rokan Hilir, Hermanto Uban di ruangan Media Center Gugus Tugas Tanggap Covid-19, mengatakan di kabupaten yang berjuluk Negeri Seribu Kubah ini, warga yang menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) berjumlah lebih kurang 16.000 Kepala Keluarga. Namun dikarenakan banyaknya masyarakat tidak dapat memperoleh penghasilan, maka warga yang terdampak dari pencegahan Covid-19 ini akan melebihi dari angka tersebut.

Dana yang dihimpun dari pemangkasan anggaran dan penundaan kegiatan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir ini, selain akan digunakan untuk mengadakan alat-alat kesehatan, Alat Pelindung Diri (APD) serta barang logistik lain yang diperlukan dalam mencegah terjangkitnya dan penularan Covid-19, juga pengadaan paket sembako yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak dari kebijakan penanggulangan Penyebaran Corona Virus saat ini.

Terkait kriteria keluarga yang akan mendapatkan bantuan, pendataannya dilakukan oleh masing masing Lurah ataupun
Kepenghuluan dengan memberdayakan Ketua Rukun Tetangga (RT), karena RT lah yang mengetahui persis kondisi ekonomi warganya.

Sedangkan mekanisme pendistribusiannya akan dikelola langsung oleh Dinas Sosial ke Kelurahan atau ke Kepenghuluan yang ada di masing-masing kecamatan. (net)


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar