Riau

Pemprov Riau Segera Kirim Proposal PSBB ke Menkes

Gubernur Riau Syamsuar.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah menyiapkan proposal untuk pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke Pemerintah Pusat melalui Menteri Kesehatan. Keputusan PSBB ini diambil setelah melihat hampir seluruh wilayah Riau telah terkonfirmasi pasien positif Covid-19. Bahkan setiap harinya terjadi penambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di seluruh kabupaten/kota.

“Kita sudah mempersiapkan langkah untuk PSBB, dalam hari ini (kemarin, red) sudah mengadakan rapat persiapan proposal PSBB. Dalam waktu tidak berapa lama lagi akan diserahkan ke Menteri Kesehatan,” ujar Gubernur Riau Syamsuar, Ahad (3/5/2020).

Dijelaskan Gubri, saat ini Provinsi Riau ada di tengah-tengah provinsi di mana pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sudah berada di atas 100 pasien. Seperti di Sumatera Barat 148 pasien positif, Sumatera Utara 117 pasien positif, Sumatera Selatan 150, dan Kepulauan Riau 89. 

“Kita ini dikelilingi provinsi yang kasus terkonfirmasi positifnya lebih banyak dari Riau. Seperti di Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Itu kasus positifnya sudah di atas 100. Kita ingin memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan PSBB Provinsi Riau,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Gubri, dalam mengantisipasi pemberian bantuan kepada masyarakat Riau, pihaknya juga saat ini telah meminta kepada kabupaten/kota untuk menyerahkan semua data lengkap masyarakat terdampak Covid-19. Jika telah selesai didata bisa mengajukan langsung ke Pemprov untuk selanjutnya disiapkan anggarannya. 

“Jika Menteri Kesehatan sudah menyetujuinya, saat ini kita juga sudah mempersiapkan bantuan kepada masyarakat Riau, setelah mendapatkan datanya akan disalurkan ke masyarakat. Beberapa daerah sudah ada yang mempersiapkan, dan beberapa hari ini kita sudah melakukan video conference dengan dinas terkait,” ungkap Gubri. 

Untuk diketahui, dari data gugus tugas Covid-19 Riau, informasi per hari Ahad (3/5) di Provinsi Riau, terdapat penambahan 8 kasus positif Covid-19 dan 10 pasien positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh, sehingga total di Provinsi Riau terdapat 53 kasus positif, 22 dirawat, 26 sehat dan sudah dipulangkan, dan 5 meninggal dunia. 155 PDP yang masih dirawat, 448 PDP negatif covid-19 dan dipulangkan, dan 89 PDP meninggal dunia, dan 10.560 ODP dalam pemantauan, 43.363 ODP sudah selesai pemantauan.


Reporter: Nurmadi



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar