Nasional

Seribuan Orang di Padang Terancam Infeksi Covid-19 Setelah Kontak dengan 39 Pedagang Positif

Pasar Raya Padang

RIAUMANDIRI.ID, PADANG - Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal menuturkan terjadi penambahan tiga kasus positif Covid-19 di Pasar Raya Padang, yang semula berjumlah 36 menjadi 39 kasus. 

"Update data per Sabtu (2/5/2020) sore, kasus positif terpapar Covid-19 menjadi 39 orang untuk kawasan Pasar Raya Padang," kata Endrizal, dikutip dari harianhaluan.com (Haluan Media Group), Minggu (3/5/2020).

Endrizal mengatakan, 1000 data masyarakat dan pedagang Pasar Raya Padang telah diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kota Padang untuk kemudian dilakukan uji swab, ditambah satu orang lagi dari Pasar Bandar Buat. 

Teknis pemeriksaan kepada 1000 pedagang tersebut akan dilakukan secara bertahap mengingat kapasitas pemeriksaan untuk setiap rumah sakit rujukan maksimal hanya 200 orang.

"Selain itu, kita juga menghindari penumpukan agar penyebaran virus ini dapat dihentikan," katanya.
 
Nantinya, akan dibagi dalam beberapa shift dan harapannya pedagang dapat mematuhi serta datang ke pemeriksaan di rumah sakit rujukan. "Kita berharap kepada masyarakat maupun pedagang walaupun agak sedikit susah, tapi tujuannya agar rantai penyebaran ini dapat kita putus dan pandemi dapat kita hentikan," tambahnya

Lebih lanjut, Endrizal mengatakan, pekan depan kemungkinan akan terjadi pelonjakan data, namun setelah itu akan kembali normal. 

Jika data kurang lengkap, ini yang mengakibatkan terjadi penambahan. "Ini menjadi polemik kita semua, harapan kita rantai penyebaran ini benar-benar dapat kita hentikan segera," katanya.

Dari keterangan yang diterima harianhaluan.com, jumlah kasus positif di Pasar Raya dan pasar satelit di Kota Padang berjumlah 40 orang, 39 di Pasar Raya Padang dan satu kasus di Pasar Bandar Buat. 


 


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar