Nasional

ODP Terus Menurun

RIAUMANDIRI.ID, ROKAN HILIR - Sejak ditetapkan status tanggap darurat bencana non alam dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hilir melalui Keputusan Bupati Rohil, H Suyatno hingga saat ini Kabupaten Rohil masih dapat dikategorikan zona hijau. Sebab dari data yang di himpun Dinas Kesehatan Rohil dan Tim Gugus Covid-19, selain data ODP yang cenderung terus menurun hingga saat ini data PDP di Rohil masih satu. Begitu juga terhadap data yang positif terkonfirmasi juga masih nol.

Menilik status Kabupaten Rohil yang masih dapat dikategorikan zona hijau bila dibandingkan dengan kabupaten/kota lainya karena belum adanya warga yang berstatus PDP hingga saat ini, tentunya hal ini dapat dibanggakan dan menunjukan bahwa di bawah arahan Bupati H Suyatno penanganan Covid-19 di Rohil berjalan maksimal.

Keberhasilan dalam percepatan penanganan covid-19 di Rohil tidak terlepas dari kerja keras seluruh elemen yang ada di Rohil yang dituangkan dalam Keputusan Bupati Rohil tentang pembentukan gugus tugas percepatan penanganan covid-19. 

Keputusan Bupati yang ditandatangani Bupati Rohil mempunyai tugas terpadu untuk menetapkan melaksanakan rencana operasional, mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan, melakukan pengawasan dan melaporkan pelaksanaan percepatan penanggulangan covid-19 kepada Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diketuai langsung oleh Bupati.

Dengan gugus tugas yang terdiri dari gugus tugas kesehatan, gugus tugas area dan transportasi publik, gugus tugas area institusi pendidikan, gugus tugas area komunikasi publik dan gugus tugas bidang ekonomi, percepatan penanganan covid-19 dapat lebih terarah dan terkodinir dengan baik. 

Sebagaimana terlihat dari kesiapan Dinkes Rohil dalam menghadapi penyebaran covid-19 mengingat keberadaan Rohil yang berdampingan dengan Dumai sebagai pintu masuk dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Walaupun rumah sakit rujukan telah ditetapkan, Dumai dan Pekan Baru, namun untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Rohil, kami telah menyiapkan ruang isolasi beserta tim tenaga medis yang diketuai oleh dokter spesialis paru bertempat di RSUD Pratomo Bagansiapiapi," Ahmad Yusuf selaku Sekretaris Diskes Rohil dan juga selaku jubir tim gugus tugas covid-19 Rohil.

Menurut Ahmad, dengan posisi Rohil yang berdampingan dengan Sumatera Utara dan Dumai sebagai pintu masuk negara tetangga, kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona terus ditingkatkan, walaupun pemeriksaan secara intensif telah dilakukan terhadap orang maupun barang di pelabuhan yang ada di Rohil. 

Untuk itu, katanya, tim beserta sarana pendukung berupa ruang isolasi di RSUD Pratomo Bagansiapiapi, RS Cahaya Di Ujungtanjung dan RS Indah Di Baganbatu Kecamatan Bagansinembah terus disiagakan selama 24 jam.

 

Reporter: Jhoni Saputra


Tags Rohil

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar