Tips & Kesehatan

Ini Tips Jaga Kesehatan Jiwa Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi

RIAUMANDIRI.ID - Tak hanya fisik, kesehatan jiwa juga dapat terganggu selama masa pandemi penyakit akibat virus corona atau Covid-19.

Hal ini diamini oleh dokter spesialis kesehatan jiwa, Lahargo Kembaren, dalam jumpa pers di akun YouTube milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada Jumat (1/5).

"Wabah pandemi Covid-19 menimbulkan dampak tak hanya pada fisik dan kesehatan, tapi juga terhadap jiwa dan psikologis. Merasakan cemas, sedih, stres, bingung, dan takut adalah sesuatu yang normal juga perasaan yang wajar dialami di tengah krisis ini," ujarnya.

Menurutnya, semua itu bisa terjadi karena masyarakat terus mendengar dan menyaksikan peristiwa yang menyebabkan stres.

Lahargo menyarankan warga untuk tidak memendam sendiri jika mengalami tekanan seperti itu dan segera mencari pertolongan dari kalangan profesional.

Selain itu, Lahargo juga membagi beberapa tips lain dalam menjaga kesehatan jiwa di masa pandemi seperti ini.

1. Batasi informasi

Kurangi kecemasan akibat menonton, membaca, atau mendengarkan informasi yang berlebihan. Mengambil jarak sejenak dari informasi yang berlebihan juga baik.

2. Memilah informasi

Pilah dan pilih informasi yang akurat dari sumber terpercaya. Membaca berita dari sumber yang keliru bisa menambah kecemasan.

3. Hindari alkohol dan rokok

Jangan merokok, minum alkohol, atau narkoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman. Apabila merasakan stres atau perasaan yang tak nyaman, segera konsultasi dengan profesional kesehatan jiwa, seperti psikiater, untuk mendapatkan pertolongan cepat dan tepat.

4. Atasi emosi

Gunakan keterampilan mengatasi emosi di waktu lampau untuk membantu mengatasi perasaan yang tidak nyaman saat ini.

5. Pertolongan profesional

Cari pertolongan profesional atau melakukan swaperiksa daring melalui situs www.pdskji.org atau hubungi layanan kesehatan jiwa dari pemerintah melalui hotline 119 ekstensi 8.


Tags Kesehatan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar