Peristiwa

Pemerintah Investigasi Pembuangan Mayat ABK WNI ke Laut dari Kapal China

Pelepasan salah satu jasad ABK di Kapal Longxing. [Istimewa]

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Sebuah stasiun televisi Korea menayangkan video yang memperlihatkan sejumlah orang tengah membuang jenazah anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dari kapal China. Disebutkan, para ABK tersebut meminta tolong kepada otoritas Korsel saat berlabuh di Busan.

Dikutip dari situs berita VIVA.co.id, Kamis, 7 Mei 2020, Duta Besar RI untuk Korsel, Umar Hadi, mengaku sudah mengetahui soal laporan ABK tersebut kepada otoritas Korsel. Hingga saat ini hal tersebut masih diinvestigasi.

"KBRI Seoul terus memberi perhatian serius terhadap permasalahan yang dihadapi ABK WNI yang bekerja di atas kapal-kapal penangkap ikan “longliners” berbendera RRT. Sebagaimana diberitakan stasiun TV MBC Selasa malam," kata Umar Hadi.

Umar menuturkan saat ini terdapat 14 ABK WNI yang sedang menjalani karantina di Kota Busan sejak diturunkan dari kapal pada 24 April 2020 yang lalu. Dia menyebutkan bahwa mereka dalam keadaan baik dan akan segera pulang ke tanah air setelah masa karantina selesai.

Dia menambahkan para ABK WNI tersebut telah meminta bantuan pengacara pro-bono setempat untuk menyelesaikan permasalahan mereka. Sementara itu, lanjut dia, otoritas penegak hukum Korsel sedang melakukan pemeriksaan atas permasalahan tersebut termasuk laporan pelarungan jenazah rekan-rekan mereka di laut lepas.


Tags Peristiwa

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar