Nasional

Positif Corona di Sumbar Melonjak Tajam, Wagub: Meningkat Justru Lebih Baik

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. (Harianhaluan)

RIAUMANDIRI.ID, PADANG – Kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat melonjak tajam, mencapai 270 kasus per Jumat (8/5/2020). Sampai saat ini, hanya terdapat empat wilayah yang masih berstatus hijau di Sumbar yakni, Lima Puluh Kota, Sijunjung, Sawahlunto, dan Kota Solok.

"Kita sudah minta 100 sampel per daerah untuk pool test dan Kota Sawahlunto semuanya negatif," kata Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Jumat (8/5/2020) seperti dilansir dari harianhaluan.com --jaringan Haluan Media Group--.

Lanjut Nasrul, ke depannya semua pihak berharap keempat wilayah ini tetap berada di zona hijau. Peningkatan kasus positif di Sumbar dinilai baik oleh Nasrul dikarenakan lebih cepat dideteksi.

Seiring dengan PSBB diberlakukan, tidak ada lagi masyarakat yang masuk ke Sumbar. Belajar dari kejadian beberapa waktu lalu, ada 42 orang yang masuk ke Sumbar berpotensi membawa virus Corona.

"Harapan kita PSBB di perbatasan benar-benar ketat, tidak menutup kemungkinan untuk daerah kabupaten/kota yang lain, silakan saja ketat tidak apa-apa, silakan dilindungi daerah masing-masing agar pandemi ini selesai," tambahnya.

Menjelang tanggal 29 Mei nanti, Sumbar menerapkan peraturan yang ketat terkait PSBB, tidak hanya di perbatasan, namun juga antar kabupaten dan kota, tergantung kepada tim gugus percepatan daerah yang bersangkutan.

"Kita harapkan masuk ke Sumbar sulit, begitupun antar kabupaten dan kota," jelasnya.

Dimulai Senin depan, tim dari pemprov akan meninjau langsung ke lapangan terkait pelaksanaan PSBB di kabupaten kota sekaligus monitor JPS.

"Setelah tanggal 29 ini akan kita lihat, jika kasusnya turun, bisa saja peraturan kita longgarkan kembali," tutupnya.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar