Riau

PSBB II Hampir Berakhir, Pemko Pekanbaru Belum Serahkan Data Lengkap Penerima BLT dari Pemprov

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Riau, Syahrial Abdi. (Nurmadi/RMId)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah menyiapkan anggaran sebesar Rp300 ribu per KK bagi masyarakat Kota Pekanbaru yang terdampak Covid-19 dan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) oleh Pemko Pekanbaru. Namun sayangnya sampai saat ini Pemprov belum menerima data valid penerima bantuan langsung tunai (BLT), padahal Pemko Pekanbaru telah menerapkan PSBB tahap kedua.

Anggaran yang tersedia di APBD Riau ini akan diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Riau terdampak Covid-19, dan akan disalurkan kepada daerah yang telah menetapkan PSBB dan menyerahkan data valid ke Pemprov Riau, melalui Dinas Sosial, by name by addres. Anggaran yang tersedia sebanyak Rp198 miliar.

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Riau, Syaharial Abdi, yang juga Asisten III Setdaprov Riau ini, mengatakan, Pemprov Riau telah menyiapkan anggaran sebelum Pemko menetapkan status PSBB yang pertama. Namun sampai saat ini belum ada data lengkap dari Pemko.

“Permintaan data dan sesuai kesepakatan, data terkait dengan jumlah yang dikonfirmasi sebanyak 45.625 KK. Namun sampai saat ini kita belum menerima data itu. Dari informasi Dinas Sosial Riau yang baru diserahkan 2.120 KK dari 46.625 KK yang akan dibantu,” jelas Syahrial Abdi, Ahad (10/5/2020).

“Jadi, 45.625 KK yang akan disampaikan tersebut menjadi bagian skema bantuan Pemprov, yang jelas sampai hari ini jumlah tersebut belum terpenuhi oleh Pemko Pekanbaru. Kabupten/kota yang lain sudah menyiapkannya, dan kita sudah menganggarkan anggaran sebesar Rp198 miliar,” tambahnya.

Dijelaskan Syahrial, Pemprov Riau telah mengadakan rapat bersama Pemko Pekanbaru, di mana Pemko akan memenuhi persyaratan penerima BLT dari Pemprov Riau melalui bantuan keuangan (Bankeu) khusus. 

“Mereka berjanji akan memenuhinya pada minggu depan. Tidak lebih dari hari Rabu depan, datanya sudah diserahkan kepada kita. Setelah kami mengadakan rapat bersama Pemko Pekanbaru,” jelas Syahrial.

Sebagaimana diketahui, Pemko Pekanbaru telah mendata sebanyak 15.625 KK penerima bantuan sosial bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Namun data yang diserahkan Pemko Pekanbaru ini merupakan data dari Mensos. Selanjutnya Pemko Pekanbaru kembali menyalurkan bantuan lagi sebanyak 30.000 paket sembako kepada masyarakat Pekanbaru terdampak Covid-19.

Namun sayangnya data yang sudah ada pada Pemko tersebut tidak serta merta diserahkan ke Pemprov terkait masyarakat penerima sembako, baik dari Mensos maupun dari Pemko Pekanbaru sendiri sebanyak 45.625 KK.


Reporter: Nurmadi


Tags Pekanbaru

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar