Hikmah

Selama Ramadan dan Pandemi Corona, Sudah 2.743 Pasangan Menikah 

Ilustrasi

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) mencatat sudah ada lebih dari 15 ribu pasangan calon pengantin yang mendaftar nikah di bulan Mei ini. Pendaftaran nikah saat ini hanya bisa dilklukan online melalui laman simkah.kemenag.go.id. karena situasi pandemi Covid-19.

"Kemudian yang mendaftar nikah di bulan Mei 15.651," ujar Kasubdit Mutu, Sarana Prasarana (Sarpras) dan Sistem Informasi Kemenag, Anwar Saadi, dalam acara Talkshow Daftar Nikah di Tengah Pandemi yang disiarkan secara online, Senin (11/5/2020).

Anwar mengatakan hingga saat ini sudah ada sekitar 2 ribu pasangan yang menikah di bulan Ramadhan.

"Bulan Mei ini sampai 11 Mei 2.743. Ini di bulan Ramadhan ini," ucapnya.

Anwar melanjutkan, untuk data calon pengantin yang mendaftar hari ini ada 1.525 pasangan. Sementara, pengantin yang menikah hari ini sebanyak 234 pasangan.

"Orang yang menikah ini per jam ini ada 1.525 yang mendaftar nikah dan yang menikah ada 234 pasang," katanya.

Selain itu, Anwar menjelaskan, terkait salah satu persyaratan daftar nikah yakni harus melampirkan sertifikat layak kawin saat ini ditiadakan. Karena penerbitan sertifikat layak kawin itu berbarengan dengan keikutsertaan calon pengantin mengikuti bimbingan pernikahan. Sementara, saat ini bimbingan pernikahan juga ditiadakan karena adanya pandemi Covid-19.

"Untuk kondisi pandemi Covid-19 karena penyelenggaraan bimwin (bimbingan kawin) pun ditiadakan, otomatis untuk sementara tidak diberlakukan bagi teman-teman yang mau menikah sertifikat layak nikah," katanya.


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar