Riau

Hadiri MPTB Desa Tapung Jaya, Bupati Sukiman Disambut Meriah Masyarakat

Bupati Sukiman disambut meriah di Desa Tapung Jaya, Tandun, saat hadiri Musyawarah Laporan Pertanggungjawaban Tahunan BUMDesa Bunga Sari, sekaligus meresmikan sejumlah kegiatan desa.

RIAUMANDIRI.ID, TANDUN - Bupati Rokan Hulu (Rohul), menghadiri Musyawarah Laporan Pertanggungjawaban Tahunan BUMDesa (MPTB) Bunga Sari, sekaligus resmikan tribun mini, gedung SMPN 4 Tandun, Kantor Karang Taruna serta Pamsimas, Senin (6 /1/2020) sore.

Bupati Rohul H Sukiman, yang hadir beserta rombongan disambut meriah oleh ratusan masyarakat Desa Tapung Jaya menggunakan payung merah putih yang merupakan hasil dari usaha BUMDesa Bunga Sari.

Kades Tapung Jaya Kusnadi dalam laporannya mengatakan bahwa saat ini BUMDesa Bunga Sari sudah bisa digolongkan BUMDesa maju. Karena dapat dilaporkan hasil laba yang diperoleh saat ini sudah mencapai Rp135.845.367.

Kata Kusnadi menambahkan, laba didapatkan melalui usaha pinjaman dan pengembalian yang dijalankan. Namun melaui usaha ini tidak terlepas juga dari permasalahan yang dihadapi seperti tunggakan yang relatif tinggi, banyaknya daftar tunggu calon pemanfaat.

"Hal ini dapat kami atasi dengan cara persuasif, mendatangi rumah pemanfaat, memberikan surat peringatan satu sampai tiga kali. Bila memungkinkan akan kami jadwal ulang kembali pinjamannya," terang Kades Kusnadi.

Kusnadi juga menyebutkan, dari hasil laba yang didapat juga akan dipergunakan membantu masyarakat yang membutuhkan, seperti bantuan terrnak kambing 12 ekor pada warga yang tidak mampu, kemudian bantuan karpet untuk 5 masjid.

Bupati Sukiman didampingi Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati menyatakan, dirinya bangga dengan BUMDesa Bunga Sari yang telah berhasil mengembangkan dana BUMDes dari dana awal Rp400 juta ini sudah berkembang dan  meningkat hingga Rp1 miliar lebih.

"Mari kita bersama membangkitkan daerah kita, karena dengan kebersamaan itu semua bisa tercapai. Karena bangganya saya dengan masyarakat Tapung Jaya maka kita akan bantu pembangunan jalan di Desa Tapung Jaya,semoga nanti bisa dimanfaatkan dengan baik," sebut Bupati Sukiman.

Di sela-sela kegiatan, Bupati juga menyerahkan secara simbolis bantuan kambing 12 ekor, karpet untuk 5 masjid. Kemudian bagi masyarakat kurang mampu juga diserahkan bantuan uang tunai dari Ketua TP PKK Rohul Rp2 juta dimanfaatkan untuk usaha dendeng daun singkong yang kini menjadi usaha utama di BUMDesa Bunga Sari.

Di kegiatan itu, Bupati Sukiman juga meresmikan Tribun Mini bola kaki, laboratorium SMPN 4 Tandun, dan Pamsimas. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)


Tags Rohul

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar