Riau

Bupati Sukiman Bangga Manajemen KUD Sari Usaha Tani Bisa Raup SHU 2019 Rp380 Juta Lebih  

Bupati Sukiman, saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Unit Desa (KUD) Sari Usaha Tani, Kecamatan Kunto Darussalam.

RIAUMANDIRI.ID, KUNTO DARUSSALAM - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, menggaku bangga dan beri apresiasi managemen KUD Sari Usaha karena sudah berhasil meraup Sisa Hasil Usaha (SHU) tahun buku 2019 capai Rp380.504.781.

Itu disampaikan Bupati Sukiman, saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Unit Desa (KUD) Sari Usaha Tani Tahun Buku 2019, Minggu (1/3/2020). 

Dari laporan pertanggungjawan (LPj) Pengurus KUD Sari Usaha Tani, SHU tahun buku 2019 ini berjumlah Rp 380.504.781 saat RAT yang digelar di Aula Desa Kota Baru, Kecamatan Kunto Darussalam. 

Kegiatan juga dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, Kadis Kopnakertrans Rohul Zulhendri S.Sos, Kadisdikpora Rohul Drs Ibnu Ulya M.Si, Kadis DPPKB Rohul Drs Sariaman M.Si, Camat Kunto Darussalam Ruslan S.Sos, Kapolsek Kunto Darussalam AKP Sihol Sitinjak SH, Kades Kota Baru Suminto Al Hidayat, Kades Kota Raya Agusriyanto, Ketua KUD Sari Usaha Tani Untung Setiawan dan anggota koperasi.

Sesuai LPj RAT KUD Sari Usaha Tani Tahun Buku 2019 yang disampaikan Ketua KUD Sari Usaha Tani Untung Setiawan, Program Pengurus KUD Sari Usaha Tani Tahun Buku 2019 Pembangunan gudang pupuk dan simpan pinjam.

“Sehingga SHU KUD Sari Usaha Tani Tahun Buku 2019, Pendapatan Kotor KUD Sari Usaha Tani Rp 869.773.490 dan Pengeluaran KUD Sari Usaha Tani Rp 489.268.710, sehingga SHU KUD Sari Usahan Tani Tahun Buku 2019 ini berjumlah Rp 380.504.781,” terangnya

“Dari SHU tersebut bisa menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) Rp67.344.000, Santunan Anak yatim Rp3 juta, santunan jompo Rp3 juta dan bantuan masjid Rp3 juta,"  sebut Untung Setiawan.

Untung juga mengaku, bahwa program Kerja KUD Sari Usaha Tani tahun 2020 yakni membuka usaha bangunan, melanjutkan program sertifikat dan pemupukan kelompok tani melalui KUD Sari Usaha Tani.

“Diharapkan pada program itu dapat meningkatkan kesejahteraan anggota melalui Pemberdayaan Koperasi. Itu  sebagai wujud komitmen pengurus untuk bertanggung jawab kepada anggota sebagai pemiliknya, maka dibuat laporan pertanggunggjawaban akhir tahun,” katanya.

Bupati Sukiman mengapresiasi jajaran pengurus, pengawas, dan manajemen KUD Sari Usaha Tani yang taat dalam melaksanakan amanat UU Perkoperasian. RAT yang digelar hari ini sebagai wujud transparansi dan tanggungjawab antara pengurus, pengawas anggota Koperasi. 

“Dari laporan Ketua KUD Sari Usaha Tani tadi saya sangat bangga sekali, sukses dalam menagemen Koperasi merupakan potensi yang besar di dalam membangun kesejahteraan dan kemandirian anggotannya,” katanya

Bupati Sukiman menegaskan, keberadaan KUD Sari Usaha Tani sudah banyak mengalami perubahan kearah yang lebih baik dan kedepan diharapkan akan semakin baik. Pasalnya, Bila ditinjau dari sudut pandang organisasi, RAT seperti yang dilaksanakan hari ini merupakan wahana yang sangat strategis bagi pertanggungjawaban manajerial organisasi Koperasi.

“Dari aspek keanggotaan dan permodalan merupakan pilar dan sumber kekuatan bagi kelangsungan hidup koperasi dan sejauh ini telah diimplementasikan dengan baik oleh Manajemen KUD Sari Usaha Tani,” ujarnya

Kedepannya Bupati berharap KUD Sari Usaha Tani dapat dikelola dengan penuh rasa kebersamaan dan profesional dan ikut andil serta peduli memikirkan permasalahan ekonomi yang ada pada masyarakat. 

"Berharap, pengurus dan anggota dapat memanfaatkan RAT pada tahun ini dengan sebaik-baiknya sebagai wahana untuk mengevaluasi program-program kerja pada tahun yang telah berjalan demi perbaikan langkah di tahun yang akan datang," harapnya. (Adv/Humas Pemkab Rokan Hulu) 


Tags Rohul

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar