Riau

Kabupaten Rokan Hulu Perkuat Posko Kesehatan di Perbatasan

Pimpinan DPRD Rohul dari Fraksi PAN, M Syahril Topan, meninjau posko kesehatan di Perbatasan Kecamatan Tambusai, Rohul yang berbatasan langsung degan Kabupaten Padang Lawas, Sumut.

RIAUMANDIRI.ID, PASIR PANGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul) yang juga ketua Tim Gugus Pecegahan COVID 19, H Sukiman melalui Juru bicara Tim Gugus Pencegahan Covid-19 Rohul Drs Yusmar MSi, mengatakan bahwa saat ini Pemkab Rohul belum memiliki peralatan rapid test. 

Diketahui, alat yang dibutuhkan guna memeriksa seorang pasien diduga terpapar virus Corona, belum ada di kabupaten berjuluk Negeri Seribu Suluk. 

"Belum ada rencana melaksanakan pemeriksaan rapid test, karena alatnya juga belum ada di Rohul," jelas Yusmar, Kamis (2/4/2020).

Yusmar menambahkan, terkait pencegahan persebaran virus Corona di Rohul, kini strategi penguatan posko kesehatan di perbatasan masih jadi prioritas. Bahkan saat ini Rohul sudah mendirikan posko kesehatan di perbatasan berda di empat titik. 

"Posko kesehatan di perbatasan yang dibangun ada empat titik. Ada di Simpang TB Kecamatan Tandun merupakan pintu masuk jalur Kampar dan Pekanbaru. Di Simpang Kampak di Tambusai Barat yang jadi pintu masuk dari Sumatera Utara," ungkap Yusmar. 

"Juga dirikan di Mahato berbatasan dengan Rokan Hilir dan di Bonai Darussalam berbatasan dengan Duri sekitarnya," terangnya.

Yusmar mengaku, pengelolaan posko kesehatan di perbatasan dilakukan tenaga medis setempat dengan dukungan sejumlah stakeholder di lingkungan posko kesehatan. 

Kini Pemkab Rohul, belum melakukan rekrutmen tenaga relawan untuk penanganan Covid-19 di Rohul, karena tenaga yang ada dianggap masih mencukupi. 

"Kita berharap, kondisi ini lekas membaik agar aktivitas masyarakat dapat pulih kembali seperti biasa," harapnya.(Adv/Pemkab Rokan Hulu)


Tags Rohul

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar