Politik

Bukan Karena Paprpol Baru, Hanafi Rais Mundur dari PAN Karena Beda Prinsip dengan Zulhas

Hanafi Rais

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Putra Jaya Husein mengakui pihaknya terus mematangkan pembentukan partai baru yang dirintis bersama Amien Rais. Bahkan, telah dilakukan sebelum putra Amien Rais, Hanafi Rais mundur dari pengurus PAN dan anggota DPR.

Namun demikian, Putra meminta, mundurnya Hanafi tak dikaitkan dengan rencana pembentukan parpol baru.

"Enggak ada hubungannya, partai baru kan sudah kita diskusikan sejak ada aspirasi dari DPW dan DPD PAN, Mas Hanafi kan masih di DPP masih Waketum masih ketua Fraksi (DPR), kalau dia masih di struktur dia enggak mungkin membahas partai baru," kata Putra, Kamis (13/5/2020).

Putra menambahkan, saat ini Hanafi masih menjadi anggota biasa di partai matahari. Sehingga mundurnya dia tidak berkaitan dengan Amien Rais dan loyalisnya.

"Hanafi itu mundur, karena ada perbedaan prinsip dengan Pak Zul, dia menjelaskan kepada kami melalui (pertemuan virtual) zoom perbedaannya sangat prinsip," kata Putra.

Dia melanjutkan, Hanafi langsung menemui Ketum Zulkifli Hasan dan memberi surat saat mundur dari kepengurusan DPP PAN. Kepada Zulhas, Hanafi bilang sudah beda pandangan dan haluan politik.

"Dan dia mengundurkan diri itu sebetulnya hasil akumulasi di PAN 5 tahun lalu, sudah numpuk," tuturnya.

Dia juga mengatakan, sampai saat ini Zulkifli masih terus membujuk Hanafi agar tetap berada di PAN. Namun, Hanafi sudah kepalang tidak cocok.

"Pak Zul berupaya membujuk ya untuk tidak mengundurkan diri, tapi enggak bisa karena (Hanafi punya) prinsip, jadi orangnya enggak bisa dibujuk," sambungnya. 


Tags PARTAI

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar