Peristiwa

Mencekam! Enam Warga Sumbar Dihadang Tiga Harimau Sumatera di Hutan

Ilustrasi (Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, SOLOK – Kisah konflik antara satwa dengan manusia kembali terjadi. Kali ini melibatkan Harimau Sumatera dengan enam warga Nagari Gantung Ciri, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar). Beruntung dalam peristiwa tersebut tak ada korban jiwa.

Peristiwa mencekam itu terjadi saat enam warga Gantung Ciri dilaporkan terjebak di hutan, lantaran dihadang sejumlah harimau pada Kamis (14/5/2020) sore kemarin.

Dari informasi yang dihimpun , enam warga tersebut dihadang harimau yang berada di kawasan rimbo Singo-Singo, Jorong Baringin, Nagari Gantung Ciri.

Kejadian bermula saat empat orang warga Gantung Ciri bekerja di ladang milik Aipda Riko Saputra yakni Alex, Rulek, Yuh, dan Cimul. Namun sekitar pukul 15.00 WIB, Alex menelepon orang tuanya dan mengatakan mereka dihadang harimau .

Mendapat kabar tersebut, Aipda Riko Saputra berangkat ke lokasi ladang bersama Hanif Dukun untuk menjemput keempat warga tersebut. Riko sempat mencoba mengusir kawanan harimau dengan mercon. Namun tidak berhasil, alhasil mereka pun ikut terjebak.

Tidak lama berselang, tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP dan Damkar, personel Polsek Kubung, Sabhara Polres Solok , Danramil Kubung dan masyarakat mendatangi lokasi dan berhasil mengusir harimau tersebut.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Solok Efriadi, membenarkan adanya peristiwa tersebut. Dia mengatakan ada tiga ekor Harimau Sumatera yang berkeliaran di sekitar area ladang tempat warga bekerja.

"Untuk menyelamatkan diri, empat orang warga yang diadang harimau, memanjat pohon dan dua lainnya berlindung dalam pondok ladang," katanya.

Setelah terjebak dalam waktu yang cukup lama, akhirnya warga berhasil dievakuasi jelang malam hari setelah adanya bantuan dari tim gabungan bersama masyarakat yang menghalau harimau ke arah hutan.

"Kita sudah menghubungi pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar untuk menghalau harimau kembali ke dalam hutan," katanya.


Tags HARIMAU

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar