Pendidikan

Mahasiswa Kukerta Relawan Unri Kecamatan Bukit Raya Edukasi Masyarakat Soal Covid-19

Mahasiswa Kukerta Relawan Universitas Riau Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, mengedukasi masyarakat melalui poster dan sosialisasi tentang Covid-19. (Foto: Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Setelah menyerahkan bantuan sembako dan alat kesehatan medis kepada warga dan puskesmas, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Covid-19 dari Universitas Riau (Unri) untuk Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, mengedukasi masyarakat setempat tentang Covid-19.

“Pada hari ini (Sabtu, red), kami telah melaksanakan salah satu program Kukerta yakni mengedukasi masyarakat melalui poster dan sosialisasi dengan tetap menerapkan protokol Covid-19. Hal ini kami lakukan bersamaan dengan pembagian sembako di Kelurahan Tangkerang Selatan, Air Dingin dan Tangkerang Utara. Kami berharap dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang tidak mahir dan tidak mendapatkan informasi melalui media sosial tentang Covid-19," ujar Windy Rizky, salah seorang anggota Relawan Covid-19 Unri Kecamatan Bukit Raya, Sabtu (16/5/2020). 

Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 Unri untuk Kecamatan Bukit Raya ini beranggotakan 10 orang mahasiswa yang berasal dari fakultas yang berbeda-beda. Mereka adalah M. Sadam Husin, Windy Rizky Putri, Rafika Anggraini, Aviany Dwi Putri, Devi Erlikrisna Ginting, Taufik Setiawan, Sarah Salsabiila, Khairunnisa Dhiavella, Deby Rahmatul Fitri dan Brilliant Thesalonich dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ns Agrina, MKep, SpKom, PhD. Relawan ini juga mendapat arahan dan bimbingan dari Camat Bukit Raya Wahyu Idris, SHut dan Sekretaris Kecamatan Bukit Raya Dina Sepnita, SSTP, MSi. 

“Edukasi terhadap masyarakat ini juga kami lakukan melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Youtube, Facebook dan lain-lain. Media sosial ini untuk memberikan informasi dan menumbuhkan kesadaran kepada anak muda dan masyarakat luas," jelas Windy.

Edukasi ini, menurut anggota Relawan lainnya, Rafika Anggraini dan Khairunnisa Dhiavella, berisi tentang bagaimana penyebaran penularan dan pencegahan Covid-19, gejala-gejala Covid-19, cara pengunaan masker dan mencuci tangan yang baik dan benar, menerapkan pola hidup sehat, mematuhi social dan physical distancing, serta memberikan pemahaman agar tidak diskriminasi dan stigmatisasi terhadap pasien positif Covid-19 dan keluarganya.

"Masyarakat dapat menghubungi call center 112 untuk wilayah Pekanbaru apabila merasakan gejala Covid-19," tambah Devi, yang juga anggota Kukerta Relawan Bukit Raya. 

"Pemberian edukasi dan informasi secara langsung maupun melalui media sosial ini diharapkan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat di Kecamatan Bukitraya," pungkas M Sadam Husin, selaku Ketua Kelompok Kukerta Relawan Kecamatan Bukit Raya.


Tags Mahasiswa

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar