Nasional

Pemerintah Janji Salurkan 8,3 Juta Bansos Jelang Lebaran

Menko PMK Muhadjir Effendy (Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa pemerintah akan membagikan bantuan sosial (bansos) secara besar-besaran ke masyarakat terdampak Corona (COVID-19). Muhadjir mengatakan penyaluran bansos besar-besaran akan dimulai sejak H-5 Idul Fitri.

"Perlu saya sampaikan di sini, insyaallah 5 hari terakhir menjelang lebaran, kita nanti akan melakukan penyaluran bansos besar-besaran dari target misalnya Kemensos jumlah target 9 juta, itu yang akan kita salurkan sekitar 8,3 juta dalam 5 hari ini," kata Muhadjir dalam siaran pers seusai Ratas yang ditayangkan di YouTube Sekretaris Presiden, Senin (18/5/2020).

"Sedangkan 700 ribu itu ada di wilayah-wilayah klaster 3 yang remote area membutuhkan waktu 2 minggu, sehingga setelah lebaran mungkin baru bisa terealisasi," imbuhnya.

Muhadjir mengatakan pemerintah sudah menghitung dana untuk bansos ini. Pemerintah juga memastikan penyaluran bansos ini akan berjalan lancar.

"Mengenai dana sudah kita hitung nggak ada masalah, kemudian data yang KPM keluarga penerima manfaat sudah final semalam, sudah kita matangkan dengan Pak Mensos," katanya.

Pemerintah dalam penyaluran bansos ini bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Pemerintah memastikan bansos yang akan disalurkan akan mencapai target yakni 8,3 juta bansos.

"Kemudian deliver systemnya yaitu PT Pos juga sudah siap menyalurkan, dan sudah janji tidak akan libur lebaran untuk PT Pos akan kerja keras mengejar target, yaitu target kita 8,3 juta dari 9 juta calon penerima keluarga penerima manfaat dapatkan bansos ini. Untuk BLT desa juga sama, terutama paling tidak untuk wilayah yang terdampak langsung dengan COVID-19 itu akan bisa dicapai sekitar 70 persen," pungkasnya.


Tags Bansos

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar