Nasional

Ratusan WNI yang Tiba dari Luar Negeri Positif Corona

Ilustrasi

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengatakan setidaknya sudah 132.798 warga negara Indonesia (WNI) yang kembali ke Tanah Air dari luar negeri. Jumlah tersebut terdiri atas pekerja migran Indonesia (PMI), anak buah kapal (ABK), dan juga pelajar.

“Jumlahnya mencapai 132.798 orang. Dimana terdapat beberapa pintu masuk. Sesuai dengan perintah Bapak Presiden supaya terkonsentrasi sehingga pengawasannya mudah. Yang pertama di wilayah Kepri, kemudian Kalimantan Barat, kemudian Jakarta, dan juga Bali,” katanya, Senin (18/5/2020). 

Dia mengatakan dari jumlah tersebut, 4.000 WNI diterima oleh Gugus Tugas, gabungan TNI/Polri, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Dari 4.000 orang tersebut, sebanyak 2.850 menunggu hasil tes swab dan 1.493 sudah kembali. 

“Kemudian dari jumlah total tersebut yang telah diketahui hasil swabnya adalah 279 orang positif covid dan sekarang mendapatkan perawatan di Wisma Atlet,” ujarnya.

Sementara sebanyak 15.300 WNI masuk melalui Bali. Dimana setelah dilakukan swab test 312 WNI positif Covid-19. “Dari hasil pemeriksaan ABK, PMI melalui pintu Bali terdapat 312 yang positif Covid. Saat ini dilaksanakan perawatan di 13 rumah sakit rujukan di wilayah Denpasar dan sekitarnya,” katanya.
 


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar