Nasional

Luhut Minta Masyarakat Waspadai Gelombang Kedua Wabah Corona

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. [dok. Istimewa]

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mnegungkapkan kurva kasus covid-19 di sejumlah negara telah menunjukkan penurunan. Tapi menurut dia bukan berarti pandemi bakal mereda.

Ia meminta kepada masyarakat Indonesia untuk waspada karena menurut riset setelah turunnya kurva, akan ada gelombang covid-19 lanjutan.

Luhut mengatakan, selain adanya riset soal gelombang covid-19 kedua tersebut, di saat kurva kasus menurun akan ditemukan titik-titik penularan yang baru.

Hal tersebut disampaikan Luhut ketika melakukan video konferensi bersama sembilan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), serta Perguruan Tinggi Negeri pada Rabu (20/5/2020).

"Oleh karena itu, Indonesia juga perlu waspada dengan gelombang kedua," kata Luhut.

Selain itu Luhut juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin mengikuti aturan pemerintah termasuk menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan baik.

Ia menyebut kalau pihak universitas juga memiliki andil untuk menyampaikan itu kepada masyarakat.

Sementara itu, Luhut sempat menyinggung soal pemerintah yang dianggap plin plan dalam mengambil kebijakan untuk menangani covid-19.

Luhut menyatakan, selama ini kebijakan yang diambil pemerintah untuk menangani covid-19 telah melewati proses kajian yang cermat dan mendalam.

Pemerintah disebutkannya selalu berhati-hati dan melihat perkembangan untuk memutuskan satu kebijakan dalam menangani covid-19.

"Pemerintah bukannya tidak konsisten dan berubah-ubah, tetapi dinamika Covid-19 harus disesuaikan, karena kita belum ada pengalaman dan perlu kehatian-hatian dalam mengambil keputusan."


Tags ISTANA

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar