Nasional

Menag Imbau Lebaran Tak Usah Terima Tamu dan Gunakan Medsos untuk Silaturahmi

Menteri Agama Fachul Razi

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi menyarankan agar umat Islam Lebaran di rumah saja bersama keluarga inti. Tidak perlu pergi ke mana pun, cukup di rumah saja dan tidak menerima tamu.

"Tidak usah kemana-mana dan juga tidak usah menerima tamu. Karena kembali tidak jelas tamu yang datang mungkin membawa virus karena memang banyak sekarang orang tanpa gejala," kata Fachrul, Kamis (21/5/2020).

Untuk mempererat silaturahmi, Fachrul mengajak umat islam untuk dapat menggunakan media sosial dengan gadget handphone melalui video call. 

"Bersilaturahmi dapat kita lakukan dengan melalui media sosial, banyak sekali media sosial yang tersedia sekarang contoh melalui handphone kita bisa. Kita tinggal video call, kita sudah bisa berkomunikasi dengan teman-teman dengan saudara-saudara di mana pun dia berada di situ kita bisa saling bermaaf-maafan," jelas dia.

"Karena memang bermaafan dan silahturahmi tidak harus bertemu fisik. Silaturahmi terjadi bukan karena kedekatan fisik tapi karena kedekatan batin," kata dia.

Fachrul juga menggarisbawahi supaya agar dalam menyambut dan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri umat Islam dapat menaati benar tentang protokol kesehatan. Meskipun beribadah di rumah dan bersilaturahmi via medsos.

"Sehingga ibadah dapat kita lakukan, kegembiraan betul-betul juga membuat kita menjadi tidak kehilangan kegembiraan kita karena memang itu adalah hari kemenangan kita semua tetapi juga kita terhindar dari Covid-19," kata dia.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar