Peristiwa

Begini Akhir Kasus Pemulung Dipukuli-Dituduh Maling di Tuntungan Sumut

Ilustrasi (Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, MEDAN – Pria berinisial FS (62), pelaku pemukulan terhadap pemulung di Pajak Rengit Tuntungan, Sumetera Utara sempat diamankan petugas. Dia mengakui kesalahannya dan berdamai dengan korban.

"Kejadian penganiayaan terhadap tiga orang anak pemulung itu terjadi pada Rabu (20/5) di Pajak Rengit Dusun I, Desa Tuntungan I, Pancur Batu, Deli Serdang," kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, Kamis (21/5/2020).

Ronny menjelaskan setelah video penganiayaan terhadap tiga orang anak pemulung viral di media sosial. Personel Polsek Pancur Batu melakukan penyelidikan dengan mengecek ke TKP.

Setelah dilakukan penyelidikan di sekitaran TKP serta mencari saksi-saksi yang melihat kejadian tersebut. Petugas mengetahui pelakunya yakni FS (62) warga Jl. Tuntungan I Tiga Rengit.

"Petugas lalu mengintrogasinya dan pelaku mengakui perbuatannya," sebut Ronny.

Selanjutnya, petugas mempertemukan korban dengan pelaku serta melakukan mediasi terhadap keduanya. "Petugas melakukan mediasi hingga keduanya sepakat berdamai," sebut Ronny.

Korban dan pelaku sepakat untuk berdamai dan kemudian membuat surat berita acara perdamaian atau kesepakatan perdamaian sebagai berikut:

1. Pihak pelaku bertanggung jawab terhadap pengobatan ketiga korban tersebut sampai sembuh. Apabila di kemudian hari masih ada keluhan akibat pukulan tersebut akan tetap ditangani hingga tuntas.

2. Pihak korban tidak akan melanjutkan kasus tersebut ke ranah hukum.

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan aksi pemukulan terhadap pemulung oleh sejumlah orang viral di media sosial. Polisi pun turun tangan untuk menyelidiki kasus tersebut.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Ronny Nicolas Sidabutar mengatakan bakal mengecek kejadian tersebut. Dia mengatakan bakal menyelidiki lokasi kejadian tersebut.

"Kami selidiki dulu lokasi kejadiannya," sebut Ronny.

Dilihat detikcom, Kamis (21/5), video viral itu berdurasi 2,45 menit. Dalam video tersebut, terlihat seorang bapak tanpa memakai baju memukul seorang pria dengan gagang sapu.

Kemudian massa lainnya yang datang, juga terlihat memukul pria lainnya. Ada juga terdengar suara seorang wanita, meminta massa melepaskan pria yang memegang karung.

Menurut keterangan di video tersebut, ada tiga orang yang merupakan pemulung di Pajak Rengit Tuntungan, Jalan Delitua-Pancurbatu, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Ketiga pemulung itu awalnya tengah mengorek tumpukan sampah untuk mencari botot (barang bekas).
Dalam narasi di video viral itu, disebut ketiga pemulung itu digonggongi hingga dikejar-kejar anjing hingga mereka berlari. Namun ada warga yang meneriaki mereka maling.

Massa yang ada di lokasi kemudian menghajar mereka. Salah satu pemulung disebut sudah menjelaskan bahwa dia beserta teman-temannya tidak mencuri di rumah warga sekitar.


Tags Peristiwa

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar