Nasional

Seorang Dokter di Sumut Positif Corona, Ratusan Orang yang Pernah Kontak Lakukan Rapid Test

RIAUMANDIRI.ID, SUMUT - Seorang dokter di RSUD dr H Kumpulan Pane, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara diketahui terpapar virus Corona (Covid-19). Namun, dokter tersebut menjadi tenaga medis penanganan Covid-19 di Kabupaten Simalungun.

Ironisnya, pihak RSUD dr H Kumpulan Pane, Kota Tebing Tinggi mengizinkan dokter tersebut melayani pasien umum di rumah itu. Atas hal itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi melakukan rapid test terhadap 349 orang yang pernah kontak erat dengan dokter itu, beberapa hari yang lalu.

Hasilnya, sebanyak 44 orang tenaga medis dinyatakan reaktif. Selanjutnya, pengambilan sampel swab tenggorokan untuk dilakukan pengujian lewat metode Polymerase Chain Reaction (PCR), Kamis (28/5/2020). 

“Kita akan serahkan ke laboratorium penguji di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tebing Tinggi dr Nanang Fitria.

Dokter tersebut, berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota (Pemko) Medan, yang bertugas di RSUD dr H Kumpulan Pane. Namun, juga terlibat dalam penanganan Covid-19 di salah satu rumah sakit di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Nanang menambahkan tak hanya kepada tenaga medis saja, pihaknya juga akan melakukan tracing terhadap masyarakat yang pernah berobat dengan dokter tersebut.

“Uji swab (dokter tersebut) dengan PCR positif. Sehingga kita melakukan tracing di rumah sakit kita. Karena dia di rumah sakit kita juga memberikan pelayanan umum untuk pasien di RS itu,” jelas Nanang.


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar