Riau

Gandeng Dinas Pertanian TPH, Polres Kampar Gelar Pelatihan Ketahanan Pangan

Kapolres Kampar bersama Kadis Pertanian TPH Bustan menjawab sejumlah pertanyaan awak media.

RIAUMANDIRI.ID, BANGKINANG - Bekerja sama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Kampar, Polres Kampar menggelar pelatihan peningkatan ketahanan pangan bagi Bhabinkamtibmas dalam rangka rangka menghadapi Pandemi Covid-19 di wilayah itu, Rabu (3/6/2020).

Kegiatan yang berlangsung di lokasi tanaman jagung binaan Polres Kampar dan Dinas pertanian TPH di Desa Ridan Kecamatan Bangkinang Kota ini dihadiri Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid beserta beberapa pejabat utama Polres Kampar dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kampar Bustan beserta beberapa staf yang juga sekaligus sebagai narasumber.

Peserta pelatihan terdiri dari anggota Bhabinkamtibmas perwakilan Polsek Jajaran sejumlah 36 orang, utusan SPN Polda Riau 2 orang, Kelompok Tani Ridan Permai 15 orang dan dari mahasiswa Universitas Riau yang tengah melaksanakan KKN 8 orang.

Kadis Pertanian TPH menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini. Bustan juga menyampaikan akan mendukung kegiatan ini termasuk memberikan bimbingan teknis dalam pelaksanaannya, serta mengupayakan bantuan bibit tanaman yang diperlukan.

Usai sambutan dari Kadis Pertanian dilanjutkan penyampaian materi meliputi teknik pengolahan tanah, perawatan tanaman, penyakit tanaman dan lainnya oleh beberapa staf Dinas Pertanian secara bergantian.

Sementara itu, Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan pada masa pandemi Covid-19.

"Diharapkan para Bhabinkamtibmas dapat menjadi pionir di desa binaannya, dan dapat pula memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam meningkatkan ketahanan pangan," kata Khalid.

Kapolres menambahkan bahwa akan melakukan penilaian khusus kepada para Bhabinkamtibmas dalam upaya peningkatan ketahanan pangan ini. Nantinya untuk 5 terbaik dalam pelaksanaannya akan diberikan hadiah serta penghargaan.

Pada kesempatan itu, Kapolres Kampar juga memberikan buku saku, tentang pedoman atau petunjuk bercocok tanam kepada para Bhabinkamtibmas.


Reporter: Ari Amrizal


 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar