Peristiwa

Tungku Pelebur Besi PT RPS di Kampar Meledak, 4 Karyawan Terlempar dan Dilarikan ke Rumah Sakit  

Tungku pelebur besi PT RPS di Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, meledak. Empat karyawan terluka. (Haluanriau.co)

RIAUMANDIRI.ID, SIAK HULU – Sebuah peristiwa ledakan terjadi di tungku pelebur besi baja di areal PT Riau Perkasa Steel (RPS), Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Ledakan yang terjadi pada Ahad (7/6/2020) malam itu menyebabkan  4 orang karyawan mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis.

Empat orang korban yang terkena ledakan tungku itu adalah Saroh (22), Destor Gulo (29), Li Mao Xian (47) dan Destiamani Zendratu (36). Keempat korban itu petugas bagian jaga tungku peleburan besi No. IV. Saat ini 3 korban tersebut dirawat di RS Mesra Pasir Putih dan 1 orang sudah diperbolehkan pulang.

Kapolsek Siak Hulu Kompol Zulkarnain mengatakan peristiwa itu berawal pada Minggu (7/6/2020) sekira pukul 23.05 WIB. Tiba-tiba terdengar suara ledakan di areal PT Riau Perkasa Steel (RPS) Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu yang mana saat itu 4 orang karyawan tengah melakukan tugas menjaga tungku peleburan besi baja bagian No. IV.

Ketika itu Saroh melakukan uji sampel besi baja tersebut di dalam tungku peleburan. Beeberapa menit kemudian, kata dia, terjadi ledakan di tungku tersebut. Akibat ledakan itu para pekerja di sekitar tempat tersebut langsung terlempar dari lokasi tungku peleburan besi.

“Jumlah petugas penjaga tungku peleburan sebanyak 6 orang dengan rincian 5 orang pekerja dan 1 orang mandor. Saat ini korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Mesra Siak Hulu untuk dilakukan perawatan medis,” ujar Kapolsek Siak Hulu Kompol Zulkarnain, Senin (8/6/2020).

Personel Polsek Siak Hulu yang mengetahui kejadian itu, kata Kapolsek, segera mendatangi lokasi beberapa saat setelah kejadian. Anggota Polsek juga telah melakukan olah TKP, mendata korban dan meminta keterangan dari saksi-saksi.

“Dugaan penyebab terjadinya ledakan di tungku peleburan besi PT RPS ini akibat suhu mesin peleburan besi terlalu tinggi dan membuat tungku tersebut tidak dapat menahan kapasitas dan terjadilah ledakan,” terangnya. 


Tags Kampar

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar