Nasional

Percontohan New Normal, Basko Grand Mall Dikunjungi Gubernur dan Forkopimda Sumbar

Kunjungan Gubernur Sumbar dan Kapolda serta jajaran Forkopimda ke Basko Grand Mall.

RIAUMANDIRI.ID, PADANG - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto dan jajaran serta Forkopinda mengunjungi Basko Grand Mall yang menjadi salah satu kawasan percontohan new normal, Senin ((8/6/2020).

General Manager (GM) Basko Grand Mall, Roby Wiryawan mengatakan, kunjungan Gubernur Irwan Prayitno, Kapolda dan jajaran lainnya ini lebih menitikberatkan kepada kesiapan pusat keramaian, salah satunya Basko Grand Mall dalam rangka penerapan tatanan baru tersebut di Sumbar.

“Dari kunjungan itu mereka mengatakan bahwa Basko Grand Mall akan menjadi contoh penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan new normal,” jelasnya.

Selain itu, Robby juga mengatakan, siap tak siap, semua harus siap menghadapi tatanan baru ini karena jika tidak siap, maka semua akan terpuruk akibat Covid-19 ini. Untuk bisa melewati itu, semua harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan empat hal yakni, wajib memakai masker, cuci tangan kemanapun kita berkunjung, cek suhu badan dan selalu social distancing.

Sebelumnya, Gubernur Irwan Prayitno mengumumkan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat memutuskan untuk menerapkan era new normal atau Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC) di 16 kabupaten dan kota mulai Senin (8/6/2020).

Sedangkan 2 daerah lainnya yakni Kota Padang akan menjalani masa transisi jelang TNBPAC atau new normal hingga 12 Juni. Sedangkan Kepulauan Mentawai hingga 20 Juni mendatang. Namun, semuanya sepakat tidak memperpanjang PSBB.

Menurut Irwan, berdasarkan kriteria penerapan new normal yang dikeluarkan organisasi kesehatan dunia (WHO), setidaknya terdapat tiga persyaratan yang mesti dipersiapkan untuk memasuki TNBPAC atau new normal.

Persyaratan pertama adalah menyangkut kesiapan dari kajian epidemologi, dimana dari data yang ada, tergambar tingginya angka kesembuhan pasien Covid-19 di Sumbar. 

“Kita tertinggi kesembuhan di Indonesia, jauh dari rata-rata nasional,” katanya.

“Artinya dari kaca mata persyaratan epidemologi, kita sudah siap memasuki TNBPAC,” ungkapnya.


Tags Basko

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar