Riau

Bupati Siak Minta Baznas Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19 yang Tak Punya NIK

Pertemuan Bupati Alfedri dengan pihak Baznas Siak (Istimewa)

RIAUMANDIRI.ID, Siak - Guna menangani masyarakat yang terdampak Covid-19 secara merata, Bupati Siak Drs. H. Alfedri meminta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) agar dapat memperhatikan masyarakat yang belum punya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdampak Covid-19, khususnya yang muslim.

Hal itu di sampaikan Alfedri saat melangsungkan pertemuan bersama komisioner Baznas Siak di ruang Zamrood room komplek perumahan Bupati Siak, Selasa (9/6/2020).

Pada kesempatan tersebut Bupati Siak juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Baznas yang telah bersinergi dengan pemerintah daerah. Terutama dalam menanggulangi masyarakat yang terdampak positif Covid-19 yang dilakukan sejak Februari hingga akhir Mei 2020.

"Seperti telah kita ketahui Baznas Siak telah mengucurkan dana untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 senilai 3,4 miliar lebih. Ini merupakan hal yang luar biasa untuk membantu dan merindukan beban pemerintah dalam penanganan masyarakat yang terdampak Covid-19," jelasnya.

Lanjut Alfedri, sampai saat ini perhatian pemerintah cukup baik. Baik itu bantuan pemerintah pusat maupun daerah. Hal ini berkat kesungguhan bersama dalam memberikan perhatian kepada masyarakat.

Warga yang terdampak ada 52 ribu kepala keluarga (KK), hal ini dapat dilayani secara bersama-sama baik itu bantuan dari pusat maupun daerah. Di samping itu adanya sinergi pihak Baznas dan swasta sangat membantu pemerintah.

"Untuk kedepannya, mulai saat ini saya mengharapkan kepada pihak Baznas agar memperhatikan dan membantu saudara-saudara kita yang tidak mempunyai NIK yang tidak ada dalam data Dinas Sosial (Dinsos), hal ini bertujuan agar masyarakat kita ini dapat dibantu juga dalam masa pademi ini. InsyaAllah dalam waktu dekat data warga kita yang tidak punya NIK tersebut sudah rampung," ujar Alfedri

Sementara itu ketua Baznas Kabupaten Siak H. Abdul Rasyid Suharto menyampaikan bahwa Baznas Siak telah mengucurkan dana untuk penanganan Covid-19 mulai Februari hingga Mei 2020 yang sudah mencapai 3,4 milar lebih.

Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga Medis dan memberikan bantuan lima bahan pokok (Limbako) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 yang tersebar di 14 kecamatan.

"Baznas Siak telah meluncurkan bantuan Limbako kepada masyarakat kabupaten Siak mencapai 9.000 KK lebih dan untuk kedepanya kita akan melakukanya lagi sesuai dari arahan Pak Bupati," tutupnya. (Infotorial)


Tags Siak

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar