Tips & Kesehatan

Virus Corona Bisa Masuk Melalui Mata, Begini Cara Mencegahnya

Ilustrasi (Net)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Cara mencegah penularan virus corona melalui mata bisa dilakukan dengan beberapa cara. Saat ini tidak hanya penularan melalui hidung dan mulut yang dikhawatirkan, beberapa ahli juga menyebut virus Corona dapat masuk melalui mata.

Anda juga bisa terinfeksi virus Corona jika menyentuh mata setelah memegang sesuatu yang terkontaminasi dengan COVID-19.

"Penting untuk diingat meski banyak kekhawatiran mengenai virus Corona, tindakan pencegahan yang signifikan dapat mengurangi risiko terinfeksi. Jadi seringlah cuci tangan dan hindari menggosok hidung, mulut, terutama mata Anda," kata dokter mata Sonal Tuli, MD dari American Academy of Ophthalmology.

Menjaga kebersihan mata juga tangan, hidung, dan mulut dapat memperlambat penyebaran virus Corona. Berikut beberapa cara mencegah penularan virus Corona melalui mata.

1. Jika memakai lensa kontak, disarankan beralih ke kacamata

Pemakai lensa kontak cenderung menyentuh mata lebih banyak dari orang pada umumnya. Untuk itu pertimbangkan menggunakan kacamata lebih sering terutama jika Anda memiliki kebiasaan menyentuh mata saat memasang lensa kontak.

Memakai kacamata juga dapat mengurangi iritasi mata. Kalaupun harus mengenakan lensa kontak, pastikan untuk membersihkan dan mendisinfeksi sesuai anjuran dari dokter.

2. Mengenakan goggles atau kacamata pelindung

Goggles atau kacamata pelindung biasanya dipakai melindungi area sekitar mata untuk mencegah partikel, air, atau bahan kimia lain menginfeksi mata. Kacamata pelindung juga dapat membantu mengurangi paparan dari droplet orang yang terinfeksi.

Tapi perlu diingat bahwa penggunaannya tidak memberikan 100 persen keamanan tertular virus Corona. Bagi tenaga kesehatan, penggunaan kacamata jenis ini sangat disarankan terlebih jika menangani pasien COVID-19.

3. Hindari menyentuh dan mengusap mata

Mungkin agak sulit untuk menghentikan kebiasaan ini, namun menguranginya akan menurunkan risiko infeksi. Jika merasa mata gatal, gunakan tisu sebagai pengganti jari untuk mengusapnya,

Mata yang kering juga dapat membuat Anda lebih sering menggosok mata untuk itu pertimbangkan penggunaan tetes mata jika mengalaminya.

Saat harus menyentuh mata untuk alasan apapun, cuci tangan dengan sabun di air mengalir selama 20 detik sebelum dan setelah melakukannya.


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar