Nasional

Pasar Klender Tetap Buka Meskipun Puluhan Pedagang Positif Corona

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA - Kepala Pasar Perumnas Klender, Awaludin menyatakan pasar tetap beroperasi meskipun puluhan pedagang di sana positif terinfeksi virus corona. Awaludin beralasan pihaknya telah melakukan sterilisasi tak lama setelah terungkap kasus positif.

"Ya operasi, kan yang positif sudah dibawa ke rumah sakit dan lokasinya (lapak) sudah disterilisasi tetap kosong," ujarnya, Kamis (11/6/2020).

Sterilisasi dilakukan salah satunya dengan menyemprotkan disinfektan ke setiap sudut kios yang ditempati para pedagang.

Menurut Awaludin, pihaknya tetap melakukan penyemprotan disinfektan meski sampai saat ini.

Dikutip dari CNN Indonesia, Pasar Perumnas Klender Kamis ini banyak pedagang nonpangan menggelar lapak dagangannya.

Awaludin berdalih para pedagang nonpangan membuka lapak sekadar untuk membereskan dagangan, sebagai persiapan pembukaan pasar pada 15 Juni mendatang. 

"Tadi mereka izin minta buka untuk beres-beres (dagangan) menjelang tanggal 15," ujar Awaludin.

Sebelumnya, 20 pedagang di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur dinyatakan positif virus corona pada Jumat (22/5) lalu, setelah menjalani tes swab massal. 

Jakarta sendiri masih menerapkan PSBB untuk mencegah penyebaran virus corona. Namun, PSBB kali ini merupakan transisi menuju new normal.

Rencananya, 15 Juni nanti, Pemprov DKI akan mengizinkan mal dan pedagang nonpangan di pasar-pasar kembali beroperasi.

"Pusat perbelanjaan atau mal dan pasar yang nonpangan baru bisa dimulai pada Senin tanggal 15 Juni, baru pusat pertokoan pasar-pasar mulai berkegiatan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Kamis (4/6).

Pasar atau mal wajib menerapkan protokol kesehatan. Adapun beberapa protokol tersebut ialah, pembatasan kapasitas hingga 50 persen dari daya tampung, jaga jarak, dan wajib masker. 


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar