Riau

98 Desa di Pelalawan Tuntas Salurkan BLT-DD Bulan April

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pelalawan Zamurdas

RIAUMANDIRI.ID, PANGKALAN KERINCI - Hingga saat ini sudah 98 desa dari 104 desa yang ada di Kabupaten Pelalawan, Riau, yang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada warga miskin terdampak Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pelalawan Zamurdas di Pangkalan Kerinci, Jumat (12/6/2020).

Dia mengatakan, masih tersisa 6 desa lagi yang belum melaksanakan penyaluran BLT-DD kepada warga yang membutuhkan. 

"Keenam desa tersebut adalah Desa Gambut Mutiara, Desa Tambun, Desa Sialang Godang, Desa Angkasa, Desa Sungai Ara dan Desa Ransang," katanya.

Menurutnya, Dana Desa yang diambil bagi warga masyarakat miskin terdampak tersebut adalah sebesar 30 persen dari alokasi pagu anggaran Dana Desa.

"Ini sesuai dengan Permendes Nomor 6 Tahun 2020  tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa," ungkapnya.

Sedangkan untuk penyalurannya, menurut Kadis yang tidak lama lagi akan memasuki purna tugas ini, hampir dipastikan 98 desa tersebut telah menyalurkan dana BLT untuk tahap pertama bulan April.

"Namun begitu pun untuk tahap dua sudah ada beberapa desa yang melakukannya. Ya, sekitar 21 desa untuk penyaluran tahap dua yakni bulan Mei," ungkap dia lagi.

Untuk itu, dia meminta agar pihak desa dapat segera melakukan pengajuan pencairan tahap II ke Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara, Pekanbaru.

"Masyarakat sangat berharap bantuan tersebut karena dapat meringankan beban hidup yang sulit di masa pendemi Covid-19 ini," kata Zamur.


Reporter: Anton


Tags Bansos

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar