Riau

Klaster Baru dari Kuansing, Hari Ini Bertambah 5 Pasien Positif Corona di Riau

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Riau, Indra Yovi.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Kasus pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau langsung melonjak tinggi dengan penambahan kasus terkonfirmasi 5 orang. Sehingga, total pasien positif di Riau menjadi 125 orang pada Sabtu (13/6/2020). 

Tiga dari pasien yang terkonfirmasi positif berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi, 1 dari Indragiri Hilir, dan 1 pasien terakhir dari Bengkalis. 

Penambahan pasien dari Kuansing ini sudah diperkirakan sebelumnya, di mana pasien dari Batam, TJM (40) terkonfirmasi positif Covid-19, melakukan perjalanan bersama keluarganya ke Tarutung, Medan, kemudian menuju Kabupaten Kuansing. 

Kasus ini merupakan perdana bagi Kuansing, yang sebelumnya sejak pandemi Covid-19 terjadi di Riau tidak pernah ada terkonfirmasi pasien positif Covid-19. Bahkan Kuansing termasuk salah satu daerah yang menjadi percontohan new normal baik dari Riau maupun Indonesia, selain Kabupaten Rokan Hilir.

“Ini juga jadi dasar bahwa daerah mana pun yang masih hijau, kuning, merah sama saja. Yang terpenting protokol kesehatan ditegakkan. Di Kuansing dengan penambahan tiga orang ini terjadi transimi lokal, dan ini sudah terbukti kita belum aman,” jelas Juru Bicara Covid-19 Riau, dr Indra Yovi.

“Dari informasi yang kita terima dari hasil kontak tracing pasien sebelumnya Ny TJM itu ada 22 pasien dan dirawat. Nah, yang 3 orang positif ini masuk dalam 22 orang itu, sisanya masih menunggu hasil swab. Semoga hasilnya negatif cukup yang tiga ini saja. Dan kita tidak berhenti sampai di situ saja, dan akan mencari yang lain agar transmisi lokalnya terhenti,” kata Indra Yovi.

Pasien terkonfirmasi dari Kuansing di antaranya GH (45), warga Kuansing dan sudah dirawat di RS Teluk Kuantan, dari tracing kontak erat pasien TJM. Pasien kedua, RS (45), juga dari Teluk Kuantan, dari tracing kontak TJM, dan pasien ketiga dari Kuansing RM warga Kuansing, juga tracing kontak dari TJM.

“Kabar baiknya TJM yang pasien pertama dari Batam, saat ini sudah sembuh dan pulang, setelah hasil swabnya dua kali negatif,” kata Indra Yovi.

Sementara itu, pasien 121 positif Covid-19 di Riau adalah Ny R (66) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Indragiri Hilir. R (66) merupakan hasil tracing dan kontak erat dari pasien positif kasus ke 119 Tn GM (32) warga Kabupaten Indragiri Hilir yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

Dan pasien 125 positif Covid-19 adalah RM (34) yang merupakan warga Kabupaten Bengkalis dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Bengkalis. RM (34) merupakan hasil penemuan kasus positif dari kegiatan rapid test massal yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis.


Reporter: Nurmadi


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar