Riau

Riau Kirim 4 Item Lomba Inovasi New Normal dan Aman Covid-19

Asisten III Setdaprov Riau yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, Syahrial Abdi.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah mendaftarkan 4 item untuk diikutsertakan dalam lomba inovasi daerah yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Empat item inovasi yang didaftakan tersebut meliputi berbagai cakupan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 di berbagai sektor. 

Asisten III Setdaprov Riau yang juga ditunjuk sebagai Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, Syahrial Abdi, menjelaskan keempat inovasi tersebut adalah, Inovasi pertama didaftarkan dengan judul, “New Normal + Ke Pasar Sambil Terapi Pengobatan dan Pencegahan Covid-19 dengan Kabut Ultrasonic Ozon Inhalasi Herbal Anti Virus Indonesia (Daun Bidara, Serai Wangi, Jeruk Purut, Sirih Merah).

"Inovasi yang kedua, Penerapan tatanan Normal Baru pada Sektor Transportasi Umum. Ketiga, Penerapan tatanan Normal Baru pada sektor Restoran. Dan keempat Penerapan Tatanan New Normal pada Sektor Perdagangan (Pasar Tradisional)," jelas Syahrial Abdi, Selasa (16/6/2020).

Dijelaskan mantan Pj Bupati Kampar ini, hingga saat ini lomba inovasi yang diselenggarakan Kemendagri tersebut telah diikuti oleh sebanyak 30 provinsi se-Indonesia. Lomba inovasi tersebut diselenggarakan Kemendagri untuk menghimpun gagasan dari setiap daerah dalam mempercepat penanganan Covid-19.

"Pendaftaran lomba inovasi itu sudah ditutup, informasi terakhir kita terima ada 30 peserta yang mendaftar. Lomba ini juga diadakan karena tidam ada daerah pada hari ini yang menjadi contoh atau rolemodel, akhirnya pusat mengadakan lomba inovasi bagi daerah yang punya cara, yang punya kreativitas untuk menangani covid-19 ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui dari informasi Kemendagri, lomba ini dalam rangka mempersiapkan masyarakat menyambut new normal Kementerian Dalam Negeri mengadakan lomba inovasi daerah dalam penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19. pemerintah pusat dan daerah harus bangkit bersama menciptakan iklim yang kondusif. Selain itu, penanganan pandemi Covid-19 menjadi sarana bagi pemerintah daerah untuk melakukan inovasi dalam menekan penularan dan menangani penyebaran Covid-19.

Lomba ini dilakukan untuk tujuh sektor seperti pasar tradisional, pasar modern/mal termasuk supermarket dan minimarket, restoran, hotel, pelayanan terpadu satu pintu, tempat wisata, dan transportasi umum. Reward yang disiapkan dan telah disetujui oleh Kementerian Keuangan senilai Rp169 miliar bagi pemda yang memenangkan protokol kesehatan menuju tatanan baru. 

Penilaian dilakukan sejak tanggal 9-12 Juni 2020, dan pengumuman pemenang dilakukan 15 Juni 2020. Tim Penilai berasal dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Gugus Tugas Covid-19 dan Kementerian/Lembaga terkait. 


Reporter: Nurmadi



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar