Pekanbaru

Pengunjung dan Pedagang Pasar Bawah Pekanbaru Masih Ogah-ogahan Pakai Masker

Petugas keamanan Pasar Bawah mengukur suhu tubuh pengunjung untuk mengantisipasi penularan virus corona di kawasan itu (RMID/Akmal)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Pengunjung dan pedagang Pasar Bawah Pekanbaru kucing-kucingan dengan petugas gabungan dan keamanan saat dilakukan penertiban terkait protokol Covid-19, Selasa (16/6/2020).

Pada saat masuk melewati petugas keamanan, baik pengunjung atau pedagang terlihat menggunakan masker sesuai anjuran kesehatan. Tetapi setelah masuk dan berbelanja, mereka melepaskan masker. Begitupun terkait anjuran menjaga jarak.

Kewalahan pun dirasakan petugas gabungan dan keamanan, meski pengawasan sudah diperketat namun pengunjung serasa acuh tak acuh saja.

Humas Pasar Bawah Budi Yustiwan tak menampik akan hal itu. Menurut dia, mengatasi permasalahan seperti itu pihaknya harus bekerja lebih ekstra. Melakukan sweeping setiap 2 jam sekali ke gerai-gerai.

"Kita sudah semaksimal mungkin menerapkan protokol kesehatan ini, namun bisa dilihat sendiri kebandelan mereka. Pas kita ada meraka patuh, lihat kita sudah jauh mereka lepas lagi itunya (masker)," kata Budi.

Saat ini, pihaknya menyiagakan petugas keamanan di setiap akses masuk ke Pasar Bawah. Petugas itu dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) dan thermo gun.

Keberadaan petugas difokuskan untuk melakukan pemeriksaan terhadap setiap pengunjung yang masuk. Mulai dari memeriksa pemakaian masker, serta melakukan cek suhu tubuh.

"Setiap pintu masuk, kita sudah standby petugas untuk memeriksa kelengkapan sesuai anjuran kesehatan. Kita periksa suhu tubuhnya kalau terdeteksi disuru tertentu kita anjurkan untuk pulang atau kita arahkan untuk cek kesehatan," ulasnya.

Begitu juga dengan pemakaian masker, jika pengunjung tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan masuk. Diarahkan untuk mencari terlebih dahulu, baru diperbolehkan berbelanja di area tersebut.

Sejauh ini, pihaknya belum mendeteksi adanya pengunjung yang memiliki ciri-ciri terpapar Covid-19. Meski begitu, pihaknya tidak mau kecolongan terhadap pengunjung yang masuk kategori OTG.

"Kita maksimal pengawasan, bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa kita perkuat sinergitas untuk mencegah penyebaran yang terkhusus di Pasar Bawah," tukasnya.


Reporter: Akmal


Tags Pekanbaru

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar