Pekanbaru

Jaring OTG, Hari Ini Tiga Puskesmas di Pekanbaru Gelar Tes Swab Massal

Ilustrasi - Tes swab virus corona oleh tim medis (dok. CNN Indonesia)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU – Jika sesuai rencana, hari ini tim gugus tugas COVID-19 gabungan dari pemerintah kota dan provinsi melaksanakan uji swab massal terhadap orang dalam pengawasan (ODP) di tiga Puskesmas di tiga kecamatan di Kota Pekanbaru, Rabu (17/6/2020).

Kegiatan tersebut diadakan untuk menjaring orang tanpa gejala (OTG) COVID-19. "Rencananya kita akan lakukan di Puskesmas Sidomulyo, Puskesmas Harapan Raya, dan Puskesmas Rumbai," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Muhammad Amin.

Dijelaskannya, uji swab massal diselenggarakan bersama Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Kesehatan. Karena baru pemerintah provinsi yang memiliki Laboratorium Biomolekuler untuk pemeriksaan Covid-19.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, InsyaAllah Rabu kita lakukan tes swab untuk ODP," jelasnya.

Dalam persoalan COVID-19, pemerintah bukan hanya berusaha untuk menyembuhkan pasien yang sudah terkonfirmasi positif, namun juga menjaring OTG yang dinilai lebih berbahaya dan lebih mempercepat penyebaran.

"OTG ini tidak memiliki gejala covid, lantas berinteraksi dengan individu lain sehingga terjadi penularan tanpa disadari. Berbeda dengan orang yang memiliki gejala, yang langsung terlihat terjadi penurunan kesehatan dan bisa langsung diperiksa," jelas Amin.

Sebelum uji swab, Pemko Pekanbaru juga sudah melaksanakan rapid test massal untuk mejaring OTG di sejumlah kecamatan di Pekanbaru. Di antaranya di Tampan, Tenayan Raya, Bukit Raya, dan Marpoyan Damai. Tidak dipungut biaya bagi yang ikut hanya menunjukkan identitas diri atau KTP.


Tags Pekanbaru

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar