Pendidikan

Dosen Fekon Unilak Bantu ASN Kelurahan Tentang Pelaporan Keuangan

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Untuk membantu Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam sistem pelaporan keuangan yang memiliki standar baku, dan bagian dari tertib administrasi, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dosen Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar pelatihan pelaporan keuangan berstandar, di Kantor Lurah Industri Tenayan Kecamatan Tenayan Raya, Kamis (18/6/2020).

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dosen Fakultas Ekonomi Unilak yang diketuai Ika Berty Apriliyani, SE, MAk, Ak, CA, beranggotakan Indarti, SE, MM, Ak, CA dan Aljufri, SE, MAk, Ak, CA. Ika Berty merupakan auditor yang telah bekerjasama dengan BPK dan telah memiliki sertifikasi. 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan kontribusi dosen Unilak untuk masyarakat Kota Pekanbaru," ujar Ika Berty. 

Dijelaskan Ika, pelatihan dibuka dan dihadiri oleh Lurah Industri Tenayan Raya, Moh S Chandra W. Sementara, para peserta adalah ASN pengelola dan aparat yang terkait dengan pelaporan keuangan, terdiri dari lurah selaku KPA (Kuasa Pengguna Anggaran), Bendahara Kelurahan, Pejabat Penatausahaan Keuangan Kegiatan (PPKK), Sekertaris Lurah, dan staf.

Pelatihan mengangkat judul peningkatan pengetahuan penyusunan laporan keuangan bagi pengelolaan keuangan Kelurahan Industri Tenayan Raya, Pekanbaru.

"Kita berharap hasil kegiatan ini peserta mendapatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai tata cara penyusunan laporan keuangan sesuai dengan kebutuhan pelaporan mereka," harap Ika.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan melakukan sosialisasi dan diskusi mengenai standar dan tata cara penyusunan laporan keuangan, selama lebih dari 2 jam peserta sangat antusias. 

Menurut Ika Berty lagi, pelatihan ini sangat penting agar para ASN yang mengelola keuangan mampu memahami dan mengetahui standar baku sehingga para ASN menjadi profesional, tertib administrasi dan terhindar dari pemeriksaan.

"Saya berharap peserta pelatihan dapat mengimplementasikannya materi yang diberikan, sehingga nantinya mempermudah pelaporan mereka sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas dana masyarakat yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat," tutup Ika.

Sementara itu, Lurah Industri Tenayan Raya menyambut positif adanya kegiatan pelatihan ini. Lurah juga berharap adanya pendampingan, jika ada kendala tentang pelaporan keuangan, tentunya ASN di sini dapat berkonsultasi dengan Tim Dosen Fekon Unilak.



[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar