Riau

Tinjau Lahan Pemda Rohil di Jalan SMA, Bupati Suyatno: Di Sini Akan Dibangun Perumahan Rakyat

Bupati Rokan Hilir Suyatno meninjau lokasi lahan milik Pemda yang berada di Jalan SMA 2, RT 026, Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Jumat (19/6/2020). (Jhoni Saputra/RMId)

RIAUMANDIRI.ID, ROKAN HILIR – Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno, AMP meninjau lokasi lahan milik Pemda yang berada di Jalan SMA 2, RT 026, Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Jumat (19/6/2020). Di lahan Pemda ini bakal dibangun pemukiman rumah masyarakat untuk pemindahan pemukiman yang saat ini berada di pinggir Sei Garam.

“Lahan milik Pemda ini rencana kita programkan untuk pembangunan perumahan rakyat,” kata Bupati Rohil Suyatno kepada Riaumandiri.id.

Dengan mengendarai sepeda motor menuju lokasi tersebut, orang nomor satu di Negeri Seribu Kubah yang didampingi Ketua DMI Rohil H Wazirwan Yunus, SSos melihat batas-batas tanah milik pemerintah daerah itu. Bahkan dia meninjau sejumlah bangunan rumah yang telah berada di lahan milik Pemda tersebut. Dia mengingatkan ketua RT setempat agar jangan ada lagi warga yang mendirikan bangunan tanpa izin di lahan pemerintah. 

“Sore ini saya sengaja meninjau tanah Pemda yang berada di Jalan SMA RT 026 Bagan Hulu. Tujuan kita terkait rencana program perluasan pembangunan pemukiman di Bagan Hulu, terutama rencana pemindahan warga yang tinggal di sepanjang pinggir Sungai Garam yang telah semakin padat,” ujar Suyatno.

Penataan kota, kata mantan camat Bagansinembah ini, perlu dilakukan karena keberadaan bangunan yang berada di sepanjang tepian Sungai Garam sangat mengganggu terkait kebersihan lingkungan sungai.

"Keberadaan bangunan rumah-rumah warga yang didirikan tanpa izin Pemda setempat di sepanjang pinggir Sungai Garam sangat mengganggu program normalisasi. Kemudian lingkungannya juga menjadi kumuh," urai Suyatno.

Namun berkaitan dengan kemanusiaan maka pemerintah daerah belum melakukan tindakan tegas penggusuran.

“Sebenarnya Pemda Rohil bisa bertindak tegas. Namun ini menyangkut dengan hajat hidup masyarakat banyak maka sebelum bertindak kita pikirkan dahulu di mana rencana mau dipindahkan saudara-saudara kita tersebut. Karena mereka butuh tempat tinggal, kasihan kita,” pungkas Suyatno. 


Reporter: Jhoni Saputra


Tags Rohil

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar