Pendidikan

Tim Kukerta Relawan Unri Ciptakan Instalasi Hand Sanitizer Tanpa Sentuh Tangan di Kampa

RIAUMANDIRI.ID, KAMPA - Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Desa Lawan Covid-19 Universitas Riau (Unri) di Desa Sawah Baru, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, berhasil menciptakan instalasi hand sanitizer tanpa sentuh tangan. Instalasi hand sanitizer ini digunakan pada pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Sawah Baru pada Kamis, (18/6/2020). 

Tim Kukerta yang diketuai David Ali Hermawan dari Program Studi Teknik Kimia (Fakultas Teknik) ini, beranggotakan Daniatul Isra dari Program Studi Pendidikan Biologi (FKIP), Bahrul Ilmi dari Program Studi Teknik Sipil (FT) dan Laura Yasa dari Program Studi Pendidikan Fisika (FKIP).

Dijelaskan Ketua Tim Kukerta David Ali Hermawan, instalasi hand sanitizer tersebut diletakkan di depan pintu masuk aula desa dan di pintu keluar aula. 

"Tujuannya agar masyarakat yang datang sebelum masuk dan keluar ruangan tetap steril," ujarnya.

Menurut David, alat tersebut dapat menghindari kontak langsung dengan botol hand sanitizer. 

“Kontak langsung dapat terjadi pada saat seseorang memegang benda di sekitarnya, termasuk ketika menekan botol hand sanitizer. Untuk itu, kami membuat alat hand sanitizer tanpa sentuh tangan sebagai solusinya. Alat ini bekerja dengan cara menginjak pipa di bagian bawah. Maka secara otomatis, cairan hand sanitizer akan keluar,” paparnya.

Bahrul Ilmi dari Prodi Teknik Sipil sebagai koordinator utama dalam pembuatan alat tersebut mengatakan, pembuatan alat ini sebenarnya sangat mudah. 

"Kami sengaja meletakkan alat ini di 2 tempat agar ketika masuk tetap steril dan setelah masyarakat memegang uang tangannya kembali steril,” katanya.

Ditambahkan Daniatul Isra dari Prodi Pendidikan Biologi (FKIP), kegiatan tersebut disambut dengan baik oleh masyarakat. Mereka dengan patuh mengikuti arahan yang diberikan tim kukerta. 

"Kami (Tim Kukerta Unri) juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan menjaga jarak duduk masyarakat di dalam ruangan serta mensosialisasikan new normal," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sawah Baru, Sofian mengatakan, instalasi hand sanitizer tersebut sangat efektif diletakkan pada tempat-tempat keramaian, seperti pada kegiatan pembagian BLT ini. 

"Kami berterima kasih kepada Tim Kukerta Unri karena telah berinisiatif untuk membuat alat ini," ungkapnya.


Tags Mahasiswa

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar