Nasional

Sebelumnya Dibantah, Ketua KPK Akui Sempat Buka Masker Saat Berkunjung ke Sumsel

Ketua KPK Firli Bahuri sempat tak pakai masker saat berkunjung ke Sumsel (Antara)

RIAUMANDIRI.ID, JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sebelumnya menegaskan selama melakukan kunjungan di Sumatera Selatan selalu menggunakan masker sesuai dengan aturan protokol kesehatan, bahkan ketika menjumpai warga dan anak-anak pada Sabtu (20/6/2020) lalu. Namun kekinian, Firli mengakui memang sempat membuka masker di tengah keramaian itu.

Firli mengaku, sempat membuka maskernya beberapa saat ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya di hadapan anak-anak di daerah Baturaja dan Ogan Komering Ulu.

"Dalam perjalanan, saya menggunakan masker dan ada saat saya buka masker. Dan masker saya pegang untuk beberapa saat, itu karena saya hendak menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama anak-anak sekitar, dalam beberapa saat," ungkap Firli melalui keteranganya, Senin (22/6/2020) dilansir dari suaracom.

Firli menyebut, alasan menyanyikan lagu Indonesia raya di hadapan anak-anak untuk memberikan motivasi dan terus mencintai bangsa Indonesia.

"Saya ingin menyemangati anak-anak indonesia untuk terus semangat meraih mimpinya supaya bisa mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara," ucapnya.

Firli juga menegaskan, selama melakukan kunjungan setidaknya membawa tiga jenis masker.

Di antaranya masker yang terpasang di kantong baju, kemudian masker yang dipasang dan dijepitkan di antara lubang hidung. Selanjutnya, masker jenis N95.

"Saya taat aturan dan patuh terhadap anjuran protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah. Saya memakai tiga jenis bentuk masker," ungkap Firli.

Filri terlanjur dilaporkan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) atas dugaan pelangaran protokol kesehatan ke Dewan Pengawas KPK.

Lebih lanjut, Firli menyayangkan sikap koordinator MAKI Boyamin Saiman, tanpa mengetahui duduk masalahnya, langsung melaporkan atas dugaan pelanggaran etik.

"Saya sangat menyayangkan ada pihak yang mengkritisi saya dengan membuat keterangan yang tidak sesuai dengan keutuhan fakta," ungkap Firli.

Sebelumnya, merespon laporan MAKI, Firli membantah tidak mematuhi protokol kesehatan. Mantan Kapolda Sumsel tersebut bahkan menyebut laporan MAKI melalui koordinatornya Boyamin Saiman, tidak benar lantaran dirinya mematuhi protokol kesehatan.

"Yang menyebutkan bahwa saya tidak mengenakan masker pada saat saya bergiat di luar kota, sebenarnya itu tidak benar," kata Firli melalui keterangannya, Senin (22/6/2020).


Tags KPK

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar