Pendidikan

100 Siswa Diterima di SMA Olahraga, Said: Target Cetak Atlet-atlet Berprestasi Riau Harus Tercapai

Kepala SMA Negeri Olahraga Riau, Said Suwarno.

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Setelah menjalani seleksi penerimaan siswa selama tiga hari, akhirnya sebanyak 100 siswa dari seluruh kabupaten/kota di Riau telah diterima di SMA Negeri Olahraga Riau. Ke-100 siswa ini tersebar di 9 cabang olahraga (cabor) yang ada, yakni cabor sepakbola, bola voli, futsal, dayung, takraw, aeromodeling, atletik, tenis meja, dan cabor renang.

Kepala SMA Negeri Olahraga Riau, Said Suwarno, menjelaskan, penerimaan siswa SMA Olahraga telah melalui seleksi ketat yang dilakukan oleh seluruh pelatih yang ada dan mengikuti protokol kesehatan. Untuk tahun ini pihaknya hanya melakukan seleksi untuk teknik dasar.

SMA Negeri Olahraga Riau ini berlokasi di Jalan Yosudarso, Rumbai, Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

“Jumlah siswa yang seleksi ada sekitar 180 orang, dan yang diterima 100 siswa. Mereka telah melalui seleksi yang ketat, selain kelengkapan administrasinya. Untuk tahun ajaran 2020/2021 kita menerima 100 orang,” jelas Said, Rabu (24/6/2020).

Dijelaskan Said, ia menargetkan dari hasil seleksi yang ketat ini, bisa melahirkan atlet-atlet yang berprestasi dan memperkuat Riau di berbagai event, nasional dan internasional. Saat ini ada 4 atlet dari SMA Olahraga yang masuk tim PON Riau. Dari 100 siswa yang lolos paling tidak bisa menyamai 4 atlet yang lolos PON. 

“Target kita tentu memperoleh atlet yang lebih baik lagi dengan seleksi yang sedemikian ketat, di tengah pandemi Covid-19. Alhamdulillah ada empat atlet kita yang lolos PON, yakni atlet tenis meja 1 lolos PON, atas nama Zaini, cabor aeromodeling 2 orang, Ani Safitri dan Pipin Sintia, dan cabor atletik jalan cepat Leli,” katanya.

“Siswa yang lolos seleksi ini semuanya nanti akan mengikuti pelajaran umum biasa, dan juga mengikuti latihan khusus sesuai dengan cabor yang dipilih. Semua siswa SMA Olahraga akan tinggal di mes sekolah, dan telah tersedia semuanya, seperti makan dan minum, serta kelengkapan lainnya selama berada di mes,” jelas Said lagi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Ahyu Suhendra, mengatakan, sesuai arahan Gubernur Riau, yakni, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing untuk menuju Indonesia unggul, maka melalui SMA Olahraga inilah perlu memilih calon atlet yang membawa harum nama Riau melalui prestasi olahraga.

“Untuk menuju kualitas sumber daya manusia yang handal tentu perlu dilakukan seleksi yang ketat. Dan sesuai visi Gubernur Riau, menuju Indonesia unggul, pak Syamsuar yang menginginkan lahirnya pelajar Riau masuk kancah nasional dan internasional melalui olahraga,” jelasnya. 

Lebih jauh dikatakannya, dengan komitmen Pemprov Riau terhadap peningkatan prestasi pelajar di Riau, dengan memenuhi fasilitas dan kebutuhan siswa, tentunya siswa yang dididik di SMA ini bisa memberikan yang terbaik bagi Riau. Dan bidang yang terkait harus intens menganalisa, bagaimana hasil dari pendidikan dan latihan pelajar di SMA Olahraga ini, apa output dan inputnya bagi Riau. 

“SMA Olahraga ini kan tempat anak-anak yang punya bakat. Dan hasilnya dari SMA ini menjadi pemain yang dibina oleh cabang olahraga yang ada di Riau, jika perlu pelajar kita masuk di tim nasional. Untuk itulah tugas kita mencetaknya melalui cabang olahraga yang ada di SMA Olahraga ini,” ungkapnya. 


Reporter: Nurmadi


Tags Pelajar

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar