Riau

Kadiskes Riau Benarkan Puluhan Tenaga Medis di Rumbai Diisolasi Setelah 1 Dokter Positif Corona

Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah menerima laporan dari Pemerintah Kota Pekanbaru terkait adanya isolasi terhadap 35 orang tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Rumbai, Jalan Sekolah, Pekanbaru. Seluruh tenaga media ini diisolasi setelah ditemukannya salah seorang dokter internship, terkonfirmasi positif Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yulian Nazir menjelaskan, seluruh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas tersebut telah dilakukan uji swab, namun tenaga kesehatan dan karyawan lainnya tetap berada di Puskesmas sampai keluarnya hasil swab. 

“Jadi ada sekitar 35 orang lebih tenaga kesehatan di Puskesmas Rumbai. Mereka ini diambil swabnya dan mereka sementara diisolasi sementara di Puskesmas. Kalau sudah keluar hasilnya baru mereka tidak diisolasi,” kata Mimi, Rabu (24/6/2020). 

“Mereka juga diisolasi di Puskesmas agar tidak berkontak dengan orang lain. Hasil swab sekitar dua sampai tiga hari, kalau hasilnya negatif dipulangkan, tapi kalau hasilnya positif maka akan langsung diisolasi dan dirawat di RSUD,” imbuh Mimi. 

Dijelaskan Mimi, dokter yang positif tersebut merupakan Pasien 190 positif Covid-19 di Riau yakni Ny. SS (29) yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Belum diketahui riwayat penularan dari Ny. SS karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak erat dengan kasus positif Covid-19.

“Dokter yang terkonfiirmasi positif tersebut merupakan dokter Internship di Puskesmas Rumbai. Dan dokter tersebut bukanlah warga Pekanbaru, tapi warga Kampar, yang ikut bertugas di Puskesmas Rumbai,” kata Mimi. 

Sebelumnya dikabarkan, beredar kabar di media sosial bahwa ada tenaga kesehatan diisolasi terkait Covid-19. Berikut isi pernyataan di medsos. 

“Sebanyak 52 org pegawai puskesmas rumbai pesisir diisolasi selama 3 hari didalam gedung puskesmas sampai hasil swab keluar...mereka tidak diizinkan  pulang bertemu dg keluarga...keluarga yg datang mengantar kebutuhan mereka...seperti mimpi tapi ini realita yg ada didepan mata kita...teman2ku sayang...stay home...use masker dan social distancing yaaa,” isi pesan di medsos tersebut. 

 

Reporter: Nurmadi


Tags Corona

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar