Pekanbaru

Ingin Tahu Status Covid-19 Anda? Pagi Ini Ada Tes Swab Gratis di Pasar Ramayana Pekanbaru

Ilustrasi - Tes swab virus corona oleh tim medis (dok. CNN Indonesia)

RIAUMANDIRI.ID, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau bersama Pemko Pekanbaru pagi hari ini, Jumat (26/6/2020), pukul 08.00 WIB, akan melakukan swab PCR massal gratis bagi masyarakat Pekanbaru, yang berada di kawasan Pasar Ramayana, Jalan Sudirman dan Agussalim.

Uji swab massal ini untuk memastikan kondisi sebenarnya terhadap penyebaran kasus positif setelah ditemukannya pasien positif yang melonjak di Kota Pekanbaru dan daerah lainnya dalam beberapa hari terakhir. Di antaranya di area klaster BUMN, klaster Palembang, dan pegawai di lingkungan Pemko Pekanbaru, terutama dari Kecamatan Bukit Raya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir berharap, masyarakat bisa memanfaatkan uji swab massal gratis ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dia bilang masyarakat tidak perlu takut dengan pengambilan swab ini, agar bisa menyelamatkan keluarga dan masyarakat setempat.

“Kita akan mengadakan swab gratis di Pasar Ramayana, diharpakan masyarakat bisa datang melakukan swab massal. Seluruh masyarakat baik di Ramayana maupun Agussalim, dan masyarakat yang berkeinginan ikut swab,” jelas Mimi Yuliani Nazir, Kamis (25/6).

“Tidak hanya masyarakat pengunjung pasar, kita juga akan melakukan swab terhadap pedagang yang ada di sekitar Ramayana dan di dalam Ramayana. Sebanyak-banyaknya akan kita tampung dalam swab gratis ini,” jelas Mimi lagi.

Mimi menjelaskan, dalam menjalankan proses uji swab massal di Ramayana tersebut, akan ada beberapa strategi, agar tidak terjadi penumpukan dalam penanganannya. Mulai dari mendatangi masyarakat dan pedagang, sampai menunggu di pintu masuk Pasar Ramayana.

“Akan ada dua strategi, yakni menunggu di tempat pengunjung dan pedagang, dan kedua dengan mendatangi pengunjung dan pedagang. Bagi yang tidak mau, ya rugi sendiri. Karena ini untuk kebaikan kita bersama mengetahui hasil positif dan tidaknya,” kata Mimi.

Sementara itu, terkait dengan swab massal yang telah dilakukan terhadap tenaga kesehatan dan karyawan di Puskesmas Rumbai, termasuk pegawai di Kecamatan Bukit Raya, setelah ditemukan terkonfirmasi pasien positif baik di Puskesmas dan Kantor Camat Bukit Raya, akan diketahui hasilnya hari ini.

“Semua nakes di Puskesma Rumbai itu ada sekitar 35 orang, dan pegawai di Kecamatan Bukit Raya juga, telah diambil swabnya. Insya Allah besok (hari ini red), ada hasilnya. Biasanya dua tiga hari hasilnya keluar, dan satu per satu akan diumumkan apakah negatif atau positif,” ujar dr Indra Yovi.

Untuk diketahui, salah seorang dokter di Puskesmas Rumbai terkonfirmasi positif. Dokter tersebut berasal dari Kampar, yakni Ny. SS (29) dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Belum diketahui riwayat penularan dari Ny. SS karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak erat dengan kasus positif covid-19. Sementara itu, untuk di Kantor Camat Bukit Raya, juga terkonfirmasi tiga pegawainya positif, dari hasil tracing pasing positif sebelumnya yakni dari pasien NC.


Reporter: Nurmadi


Tags Pekanbaru

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar